Jakarta (ANTARA) - Mantan pebalap nasional Doni Tata Pradita mengatakan gelaran FIM MiniGP Indonesia Series 2022 menjadi gerbang bagi pebalap muda Merah Putih menuju pentas dunia.

Untuk kali pertama, gelaran MiniGP bakal bergulir sebanyak enam seri di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, mulai 16 Juli hingga 25 September 2022.

Sebelum lomba bergulir, Doni yang menjabat sebagai Technical Manager Sport Talenta Indonesia (STI) mengatakan calon peserta terlebih dahulu menjalani seleksi selama dua hari yakni, pada Rabu (15/6) dan Senin (20/6).

"MiniGP adalah ajang pembibitan mencari talenta-talenta muda Indonesia usia 10-14 tahun. Jadi kami membuat seleksi terlebih dahulu dan ada sekitar 40 pebalap muda yang ikut," kata Doni kepada ANTARA di Sentul International Karting Circuit, Senin.

Selama proses seleksi, pebalap muda bersaing untuk mendapatkan waktu tercepat dalam dua sesi yang berlangsung. Setiap sesi, pebalap mengaspal selama enam lap.

Dari pengamatan Doni, banyak talenta-talenta muda yang haus juara dan memiliki potensi. Mereka juga sangat nyaman menggunakan motor Ohvale GP-0 160 asal Italia.

Baca juga: Indonesia siap jadi tuan rumah FIM MiniGP World Series 2022

Doni pun mengungkapkan penggunaan motor MiniGP penting untuk melahirkan pebalap kelas dunia. "Ini menjadi tahun perdana MiniGP di Indonesia dan jadi awal yang bagus untuk mengubah riding style dari underbone ke MiniGP," kata Doni yang pernah bersaing di Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2013.

Doni pun mengungkapkan setelah tahap seleksi selesai, sebanyak 15 pebalap muda terbaik berhak bersaing di FIM MiniGP Indonesia Series 2022.

Menurutnya penilaian tak hanya dari catatan waktu pebalap. Namun, aspek lainnya juga menjadi perhatian.

"Seperti dari sisi riding style, breaking point, shifting up dan down, engine brake, stamina pebalap, rider attitude, cornering speed. Kami melihat langsung dari ridernya mulai warm-up dan setiap sesi kami pantau dan nilai," kata Doni.

"Dari lap time terus juga cara bawa motornya udah bisa kelihatan punya potensi atau tidak. Jadi tidak hanya dari waktu tercepatnya saja," ujar Doni menuturkan.

Peserta FIM MiniGP Indonesia Series 2022 akan bersaing selama enam putaran dan dua pebalap terbaik nantinya akan mengikuti final di Valencia, Spanyol, yang berlangsung bersamaan dengan penutupan musim MotoGP 2022.

Tahun ini FIM MiniGP World Series diikuti berbagai negara. Selain Indonesia, ajang ini juga bergulir di Prancis, Irlandia, Portugal, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Serikat, Qatar, Spanyol, dan Inggris.

Selain itu juga Negara Anggota Uni Alpe Adria Series seperti Republik Ceko, Yunani, Serbia, Slovenia, Swiss, Romania, Kroasia, Hungaria, Bosnia dan Herzegovina, Polandia, serta Slovakia.

Dalam kurun waktu 20 tahun, FIM MiniGP telah melahirkan lebih dari 525 pebalap. Beberapa nama besar jebolan kejuaraan ini antara lain Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Dani Pedrosa, Alex Marquez, Maverick Vinales, Joan Mir, dan masih banyak pebalap hebat lainnya.

"Jenjangnya sangat jelas. Pebalap terbaik di MiniGP Valencia bisa melangkah ke jenjang berikutnya bisa ke Asia Talent Cup (ATC) atau Red Bull MotoGP Rookies Cup. Ini jalan pebalap muda Indonesia menuju pentas internasional," pungkas Doni.

Berikut jadwal FIM MiniGP Indonesia Series 2022 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat:

Putaran 1: 16 Juli
Putaran 2: 17 Juli
Putaran 3: 13 Agustus
Putaran 4: 14 Agustus
Putaran 5: 24 September
Putaran 6: 25 September

Baca juga: IMI dan FIM siap hadirkan MiniGP Indonesian Series pada 2022
Baca juga: MiniGP Indonesian Series siapkan pebalap muda Indonesia ke MotoGP

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022