Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam menyebutkan jamaah calon haji asal daerah itu yang sudah tiba di Tanah Suci dalam keadaan sehat.

"Berdasarkan laporan dari ketua kloter, alhamdulillah mereka sehat semua. Mereka bisa melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi dengan baik. Kemudian ziarah-ziarah di berbagai tempat di Madinah, mereka senang dan gembira," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Edi Batara saat dihubungi melalui sambungan telepon di Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Selain menjalankan ibadah di Masjid Nabawi, Edi menjelaskan, JCH tetap melaksanakan manasik haji di hotel masing-masing yang dibimbing oleh pembimbing ibadah kloter, terutama pada saat akan melakukan rangkaian ibadah dan agenda ziarah.

"Setiap hari manasik haji, kita sudah imbau dari Tanah Air untuk bikin jadwal manasik haji di sana, setelah sampai semua ketua kloter, pembimbing ibadah kloter langsung bikin jadwal manasik untuk waktu pemantapan ibadah mereka berada," ujar dia.

Baca juga: Cegah COVID-19, JCH Belitung mulai jalani karantina mandiri

Bahkan, pada saat tiga hari menjelang keberangkatan ke Kota Mekkah manasik haji akan dilakukan lebih intens sebagai pengingat JCH untuk melaksanakan berbagai rangkaian ibadah di Tanah Suci.

"Menjelang tiga hari mau ke Mekkah, maka fokus kepada ibadah umrah, mulai niatnya di mana, prosesnya seperti apa, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, jadi itu. Pada saat akan dilaksanakan, mengingatkan kembali kepada jamaah ibadah apa yang mau dilaksanakan, jangan sampai lupa," kata dia.

Jamaah calon haji kloter 1 Embarkasi Hang Nadim Batam yang sudah tiba di Madinah sejak tanggal 15 Juni 2022, akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Mekkah pada tanggal 24 Juni 2022 setelah menyelesaikan ibadah arbain pada tanggal 23 Juni 2022 usai Shalat Isya.

"Yang jelas jamaah dapat sembilan hari di Madinah, perkiraan dari 15 Juni , berarti 24 Juni ke Mekkah. Sebenarnya delapan hari tapi karena selesai ibadah arbain pas Shalat Isya, jadi mereka pagi hari ke Mekkah," ujar Edi.

Baca juga: Kemenag: Pemkab Parigi bantu biaya transportasi haji Rp85 juta
Baca juga: JCH Kloter 2 dari tiga daerah di Sulsel diterbangkan ke Tanah Suci
Baca juga: Jamaah haji dibekali biaya hidup sebelum bertolak ke Arab Saudi

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022