sesampai di Mekkah jamaah langsung melaksanakan ibadah umrah wajib
Padang (ANTARA) - Sebanyak tujuh Kelompok Terbang (Kloter) jamaah haji Embarkasi Padang sudah tiba di Mekkah setelah sebelumnya melaksanakan ibadah shalat 40 waktu di Masjid Nabawi Medinah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sumbar Joben di Padang, Senin menyebutkan hingga saat ini total jamaah haji Embarkasi Padang yang sudah sudah tiba di Tanah Suci mencapai 2.745 orang.

Dari 2.745 tersebut satu orang meninggal di Madinah atas nama Bangun Wahid Lubis (59) nomor manifes 262 berasal dari Pasaman yang tergabung dalam Kloter IV.

Ia menyampaikan saat tiba di di Medinah jamaah langsung melaksanakan Arbain dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah, seperti Jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Khandaq, Baqi dan kebun kurma.

“Setelah sembilan hari di Medinah, jemaah Haji Embarkasi Padang mulai bergerak menuju Kota Mekkah secara bertahap mulai Senin 13 Juni 2022 . Jamaah diberangkatkan ke Makkah satu kloter per hari dan hari ini seluruh jemaah Embarkasi Padang sudah tiba di Mekkah,” katanya.

Baca juga: 1.179 calon haji embarkasi Padang telah tiba di Tanah Suci
Baca juga: Calon haji Embarkasi Padang meninggal setelah shalat di Masjid Nabawi

Ia menyampaikan jamaah Embarkasi Padang mulai diberangkatkan ke Tanah Suci sejak 4 hingga 10 Juni 2022 lalu dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Pangeran Muhammad bin Abdu Aziz, Madinah.

Saat ini secara umum kondisi jamaah haji dalam keadaan baik dan sehat. Kalaupun ada yang sakit sudah sembuh dan kembali ke kloter masing-masing.

"Sesampai di Mekkah jamaah langsung melaksanakan ibadah umrah wajib dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah," katanya.

Sementara salah seorang Ketua Kloter Padang 02 Amar Albar Antoni menginformasikan sebagian besar jamaah yang tiba di Mekkah sudah melaksanakan umrah wajib kecuali jamaah yang dalam keadaan tidak suci atau haid.

“Sesampai di Mekkah dari Medinah, setelah istirahat sejenak, setiap kloter akan melakukan umrah wajib yang dilakukan secara bersama-sama. Alhamdulillah, transportasi bus shalawat untuk jamaah haji cukup lancar dan ada setiap waktu,” katanya.

Baca juga: Dua calon haji kloter II Embarkasi Padang batal berangkat

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022