Jakarta (ANTARA) - Fisioterapis PSS Sleman Alfian Pradana menyebutkan kondisi dua pemain, yakni Saddam Gaffar dan Kim Jeffrey Kurniawan yang mengalami cedera terus mengalami peningkatan dan sudah mulai gabung latihan meski terpisah.

"Untuk gerakan-gerakan fungsional sudah bisa semua. Tinggal bagaimana dia meningkatkan levelnya. Karena dia seorang atlet, peningkatan fisik dan endurance, itu yang kita kejar," kata Alfian, dikutip dari laman resmi klub, Senin.

Alfian menjelaskan saat ini pemain bernomor punggung 9 tersebut berada di fase keempat, yakni peningkatan fisik, endurance dan penguatan pada ototnya.

Lulusan Universitas Muhammadiyah Malang itu menyatakan ada rentang waktu satu bulan untuk peningkatan fisik bagi Saddam.

Baca juga: Enam pemain PSS malah cedera jelang lawan Persita

"Jadi, setelah satu bulan evaluasi lagi. Apakah dia bisa gabung latihan reguler tergantung dari kekuatan ototnya. Kita evaluasi dahulu, endurance dan pemulihan fisiknya seperti apa," katanya.

Untuk Kim Jeffrey yang telah menjalani operasi dislokasi bahu, Alfian menjelaskan bahwa adik ipar Irfan Bachdim itu sedang dalam proses pemulihan.

"Saat ini dia dalam proses pemulihan mengembalikan fungsi gerak bahunya pasca-operasi, progresnya hampir 80 persen bisa kembali," katanya.

Nantinya setelah gerak sendinya kembali 100 persen, kata dia, Kim Jeffrey baru bisa melakukan latihan peningkatan fisik.

Kedua pemain itu juga sudah ikut latihan bersama skuad Super Elang Jawa, julukan PSS, di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman, Minggu (19/6) kemarin.

Para pemain Laskar Sembada kembali menggelar latihan reguler usai mendapatkan jatah libur dua hari setelah laga Piala Presiden 2022 melawan Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo, Kamis (16/6) lalu.

Baca juga: PSS menang lawan Persita 2-0
Baca juga: Persis ditahan imbang PSS 0-0 di laga perdana Piala Presiden
Baca juga: PSS datangkan gelandang serang asal Portugal
 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022