Jakarta (ANTARA) - Bek Polandia Maciej Rybus tersisih dari timnas dan federasi sepak bola negaranya, PZPN, menyatakan ia tidak akan dipertimbangkan untuk skuad Piala Dunia 2022 Qatar mendatang setelah pemain berusia 32 tahun itu memutuskan bertahan di Liga Rusia.

Kontrak Rybus habis dari Lokomotiv Moskow pada akhir bulan lalu dan sementara pemain-pemain asing memilih meninggalkan Rusia setelah invasi militer ke Ukraina, ia justru memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan klub Rusia lainnya Spartak Moskow.

Polandia merupakan salah satu sekutu setia Kiev dan telah menjadi salah satu pendukung finansial utama Ukraina sejak invasi militer Rusia dimulai pada 24 Februari, sesuatu yang oleh Moskow disebut sebagai "operasi khusus".

"Pelatih timnas Polandia Czeslaw Michniewicz sudah berbicara dengan Maciej Rybus yang saat ini berdiam di Polandia setelah pemusatan latihan timnas berakhir pekan lalu," demikian pernyataan PZPN dilansir oleh Reuters, Senin malam tadi.

"Pelatih telah memberi tahu pemain bersangkutan bahwa karena situasi klubnya saat ini, dia tidak akan dipanggil untuk pemusatan latihan timnas September nanti dan dia tidak akan dipertimbangkan untuk skuad Piala Dunia di Qatar," tulis pernyataan yang sama.

Sejak melakoni debut untuk timnas Polandia pada 2009, Rybus telah mencatatkan 66 penampilan internasional, tetapi namanya juga tak dipanggil saat Pasukan Elang itu tampil di UEFA Nations League 2022-23 Divisi A Grup 4 pada awal bulan ini.

Rybus terakhir kali tampil membela Polandia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa melawan Andorra pada 12 November 2021.

Di Qatar nanti Polandia tergabung di Grup C dan akan mengawali penampilan melawan Meksiko pada 22 November sebelum bertemu Arab Saudi dan Argentina tiap selang empat hari.

Baca juga: Tandukkan Michy Batshuayi bawa Belgia taklukkan Polandia
Baca juga: Lewandowski sulit terima kenyataan Polandia tersingkir dari Euro 2020

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022