Liga Champions

Malam ini, Liga Champions 2022-23 mulai bergulir

Malam ini, Liga Champions 2022-23 mulai bergulir

Pemain Real Madrid Marcelo mengangkat piala Liga Champions diatas air mancur Cybele saat parade kemenangan dengan bus beratap terbuka di Madrid, Spanyol, Minggu (29/5/2022). REUTERS/Marcelo Del Pozo/RWA/djo (REUTERS/MARCELO DEL POZO)

Jakarta (ANTARA) - Kompetisi sepak bola level klub Eropa paling bergengsi, Liga Champions, akan memulai musim baru 2022-23 pada Selasa malam ini dengan rangkaian dua pertandingan fase prakualifikasi di Reykjavik, Islandia.

Jawara Liga San Marino, La Florita, akan menghadapi wakil juara Divisi Utama Andorra, Inter Club d'Escaldes, di Stadion Vikingsvollur, dengan sepak mula dijadwalkan pukul 20.00 WIB, demikian dikutip dari situs resmi UEFA.

Lantas beberapa jam berselang, juara Liga Estonia FCI Levadia bakal meladeni jawara Liga Islandia sekaligus tuan rumah fase prakualifikasi Vikingur Reykjavik pada Rabu (22/6) pukul 02.30 WIB.

Pemenang kedua laga itu nantinya akan bertemu di final prakualifikasi pada Jumat (24/6) setempat untuk memperebutkan satu tiket putaran pertama kualifikasi Liga Champions 2022-23.

Lawan sang pemenang sudah ditentukan yakni, jawara Liga Swedia Malmo FF, berdasarkan hasil undian fase kualifikasi.

Sedangkan tim-tim yang kalah di semifinal dan final prakualifikasi bakal lungsur ke putaran kedua kualifikasi Liga Conference 2022-23.

Keempat tim yang akan berlaga di fase prakualifikasi tersebut tak satu pun pernah mencatatkan penampilan di putaran final atau fase penyisihan grup Liga Champions.

Levadia tercatat sebagai tim yang pernah melangkah paling jauh yakni di putaran ketiga kualifikasi Liga Champions 2009-10.

Sedangkan Vikingur tercatat dua kali tampil di putaran final ketika kompetisi masih menggunakan format lama dan bernama Piala Champions, di mana mereka terhenti di babak pertama musim 1982-83 dan 1983-84.

Seluruh fase prakualifikasi hingga tiga putaran babak kualifikasi serta play-off akan memperebutkan enam tiket tersisa untuk fase grup Liga Champions 2022-23.

Musim lalu, Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions, mengoleksi trofi Si Kuping Besar ke-14 mereka sepanjang masa setelah memperdaya Liverpool 1-0 dalam partai final di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, pada 28 Mei 2022.

Baca juga: Thibaut Courtois pemain terbaik final Liga Champions

Kekalahan Liverpool memberi keuntungan bagi juara Belanda, Ajax, yang masuk ke Pot 1 dalam undian fase grup yang bakal dilakukan oleh UEFA pada 25 Agustus nanti ketika 32 klub peserta sudah lengkap, meski secara poin koefisiensi The Reds jauh lebih unggul.

Sedangkan sebagai sanksi yang dijatuhkan oleh UEFA akibat invasi militer Rusia ke Ukraina, klub-klub Negeri Beruang Merah dilarang tampil di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Conference 2022-23.

Hal tersebut, dibarengi dengan status jawara Liga Spanyol Real Madrid yang sudah memperoleh tiket fase grup sebagai juara Liga Champions membuat juara liga-liga Skotlandia dan Ukraina kelungsuran tiket fase grup Liga Champions 2022-23.

Berikut daftar 26 tim yang sudah memperoleh tiket fase grup Liga Champions 2022-23 (penyebutan klub berdasarkan urutan klasemen akhir liga domestik musim 2021-22):

Spanyol: Real Madrid (sekaligus juara bertahan Liga Champions), Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla.
Inggris: Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.
Italia: AC Milan, Inter Milan, Napoli, dan Juventus.
Jerman: Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, RB Leipzig, dan Eintracht Frankfurt (juara bertahan Liga Europa).
Prancis: Paris Saint-Germain dan Marseille.
Portugal: Porto dan Sporting CP.
Belanda: Ajax.
Belgia: Club Brugge.
Austria: Red Bull Salzburg.
Skotlandia: Celtic.
Ukraina: Shakhtar Donetsk.

Baca juga: Resmi diperkenalkan, Rudiger akui jagokan Real Madrid lawan Liverpool
Baca juga: UEFA wacanakan turnamen empat tim setiap awal musim

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar