Dubes Jalal dan Bapak Wapres adalah peningkatan perdagangan maupun juga kerja sama di bidang industri pariwisata halal.
Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Azerbaijan menyepakati peningkatan kerja sama perdagangan dan industri pariwisata halal ke depan, yang tercapai dalam pertemuan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dengan Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia HE Jalal Mriyazev, di Jakarta, Selasa.

"Saya kira satu hal yang disepakati bersama oleh Dubes Jalal dan Bapak Wapres adalah peningkatan perdagangan maupun juga kerja sama di bidang industri pariwisata halal. Dan juga tentu produk-produk halal dari Indonesia bisa masuk ke Azerbaijan," ujar Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri Jatmiko Prasetyo dalam keterangan usai mendampingi Wapres.

Jatmiko mengatakan dalam pertemuan dibicarakan mengenai hubungan bilateral kedua negara yang sudah berjalan dengan sangat baik. Dubes Jalal menyampaikan terima kasih kepada Wapres atas dukungan Indonesia dalam berbagai forum internasional, dan juga dalam kerangka hubungan bilateral.

"Secara khusus Dubes Jalal juga membicarakan mengenai 30 tahun hubungan diplomatik yang akan dirayakan pada tahun 2022, serta menyampaikan permintaan untuk bisa menjadi momentum kedua negara untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral, khususnya melalui exchange of visit dan peningkatan mekanisme bilateral," kata dia.

Adapun Wapres menyampaikan harapan agar Dubes Jalal dapat bekerja sama sepenuhnya untuk meningkatkan perdagangan produk nonmigas antara Indonesia-Azerbaijan ke depan, sehingga neraca perdagangan nasional bisa lebih berimbang dan tata perdagangan lebih tinggi ke depan.
Baca juga: Indonesia - Azerbaijan sepakat jalin kerja sama bidang energi
Baca juga: Azerbaijan dan Indonesia rayakan 30 tahun hubungan diplomatik

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022