Tidak hanya PHD, namun juga petugas kesehatan, hingga petugas pembimbing haji agar mampu melayani serta mendampingi dengan sebaik-baiknya
Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo meminta para petugas haji daerah (PHD) optimal menjalankan tugas dan fungsinya mendampingi jamaah calon haji (JCH) provinsi itu saat menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi.
 
"Tidak hanya PHD, namun juga petugas kesehatan, hingga petugas pembimbing haji agar mampu melayani serta mendampingi dengan sebaik-baiknya," katanya saat dihubungi dari Palangka Raya, Selasa.
 
Wagub menekankan hal itu agar pelaksanaan ibadah haji oleh JCH, khususnya dari Kalteng, bisa berjalan baik serta tidak menemui kendala, sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi haji yang mabrur.
 
Berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng, pada musim haji 2022 ini, PHD Kalteng berjumlah empat orang, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dua orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dua orang, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) terdiri atas  dokter dan perawat masing-masing dua orang.

Ia juga meminta JCH menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk beradaptasi dan membaur dengan situasi dan kondisi yang ada di negara tersebut. Termasuk kesiapan menghadapi kondisi cuaca yang tentu berbeda dengan di Indonesia.

"Sebab suhu udara di Arab Saudi sangat jauh berbeda dengan di Tanah Air, sehingga JCH memiliki keluhan kesehatan diharap segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang mendampingi," katanya.
 
Selanjutnya, Wagub juga berpesan agar ibadah haji dilaksanakan dengan penuh kesungguhan sehingga bermuara pada perubahan perilaku dan mental spiritual, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, serta negara.

"Hilangkan sikap egois, meremehkan orang lain, mau menang sendiri dan merasa diri paling benar dari orang lain," katanya.
 
Wagub mengingatkan para jamaah, agar memperoleh predikat haji yang mabrur, hal utama yang harus dilakukan adalah mengawalinya dengan niat yang lurus, yakni niat tulus dan ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah SWT, diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah.
 
Adapun total jumlah JCH Kalteng yang berangkat pada 2022 ini sebanyak 752 orang, terdiri atas jamaah yang murni sebanyak 731 orang, serta PHD dan lainnya, demikian Edy Pratowo.

Baca juga: DPRD Kalteng dorong pusat upayakan pelonggaran pembatasan usia jch

Baca juga: Pemkab Barito Timur fasilitasi keberangkatan jamaah calon haji

Baca juga: Masa tunggu haji di Kalimantan Tengah capai 24 tahun, sebut Kemenag

Baca juga: Jamaah calon haji Barito Utara ikuti manasik haji

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022