Jakarta (ANTARA) - Rumah Indonesia Paris (La Maison de l'Indonésie) menggelar dua acara promosi produk, seni, budaya, kuliner dan pariwisata Indonesia untuk menyambut musim panas di Paris.

Dua acara tersebut adalah Pesta Musik (Fête de la Musique) pada 21 Juni 2022 dan Hari Warisan Indonesia (Journée de Patrimoine) pada 23 Juni 2022.

Animo masyarakat setempat terhadap Indonesia sangat tinggi, kata kelompok diaspora tersebut dalam siaran pers yang diterima pada Selasa, terbukti dari banyaknya kunjungan ke Rumah Indonesia.

Mereka mendapat banyak kunjungan dari pelanggan yang mayoritas adalah orang-orang Prancis yang suka membeli produk-produk Indonesia, seperti kopi, cokelat, teh, bumbu rempah-rempah, dan juga produk dekorasi.

Oleh karena itu, dua acara itu digelar untuk memperkenalkan Indonesia lebih gencar lagi kepada masyarakat Prancis.

Pesta Musik dirayakan oleh masyarakat Prancis setiap tanggal 21 Juni. Untuk memeriahkan perayaan itu, Rumah Indonesia Paris mengundang masyarakat setempat untuk bermain musik dan bernyanyi. 

Acara itu juga akan dimeriahkan dengan makan tempe gratis dan sajian kuliner Indonesia, seperti nasi goreng, sate ayam dan sate tempe.

Acara lainnya adalah kegiatan promosi Indonesia, seperti demo jamu, demo pijat ala Bali, pertunjukan tari-tarian Sumatra Barat dan Kalimantan, dan presentasi dalam Bahasa Indonesia.

Ada juga pemutaran film pendek dokumenter karya sutradara Prancis Alexandre Szuren tentang petani garam di Bali, pencak silat, tradisi Galungan dan Kuningan, dan tentang operasi pembersihan sampah plastik di Indonesia.

Baca juga: Rumah Indonesia resmi dibuka di Paris
Baca juga: Rumah Indonesia gelar pameran mini produk Indonesia di Paris

Pewarta: Katriana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022