Mekkah (ANTARA) - Selama berada di Kota Mekkah, Arab Saudi, jamaah asal Indonesia kembali mendapat layanan bimbingan manasik haji guna menyegarkan kembali pengetahuan mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji yang dipelajari selama bimbingan manasik haji di Tanah Air.

Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menugaskan 44 petugas haji untuk melayani jamaah yang membutuhkan bimbingan manasik haji di lima sektor pemondokan jamaah Indonesia di Mekkah, yakni Mahbas Jin, Syisyah, Raudhah, Jarwal, dan Misfalah.

"Tim bimbingan ibadah bertugas memaksimalkan pengetahuan manasik jamaah," kata Kepala Seksi Bimbingan Ibadah PPIH Daerah Kerja Mekkah Ansor di Kota Mekkah, Selasa.

Ia mengatakan bahwa tim pembimbingan ibadah yang anggotanya meliputi akademisi dari perguruan tinggi keagamaan Islam dan kyai dari pondok pesantren juga disiapkan untuk memberikan pelayanan konsultasi mengenai ibadah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah.

Konsultan dan petugas pembimbing ibadah, menurut dia, melakukan kunjungan serta memberikan pelayanan konsultasi mengenai tata cara ibadah serta pelayanan-pelayanan yang disediakan bagi jamaah haji, termasuk pelayanan transportasi, kesehatan, akomodasi, dan katering. 

"Visitasi dan edukasi kita gelar setiap hari kepada para jamaah di Mekkah," kata Ansor.

Baca juga:
Jamaah calon haji Sukabumi mendapat enam kali bimbingan ibadah haji
Calon haji Bogor jalani pemantapan manasik haji jelang keberangkatan

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022