Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) mengupayakan tata kelola asrama haji bisa setara dengan hotel berbintang sehingga asrama haji dapat memberikan pelayanan prima bagi jamaah haji maupun warga yang menggunakan fasilitasnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Ahmad Abdullah mengatakan bahwa pemerintah ingin seluruh asrama haji di Indonesia ke depan bisa menjadi ikon pelayanan prima embarkasi dan debarkasi jamaah haji dan umrah serta pusat kegiatan pemerintah, swasta, dan masyarakat.

"Upaya itu semua akan mengubah image (citra) masyarakat bahwa asrama haji kita menjadi asrama haji berbintang dan modern," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Selasa.

Abdullah mengatakan bahwa perbaikan akan dilakukan pada tata letak bangunan, tata kelola asrama, tata kelola sumber daya manusia, tata kelola pelayanan, tata kelola administrasi dan keuangan, serta tata kelola layanan pelanggan agar pengelolaan asrama haji bisa setara dengan hotel berbintang.

"Penataan manajemen asrama haji yang modern merupakan keniscayaan dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah haji," kata dia.

Dia menekankan pentingnya Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji meningkatkan kualitas pelayanan agar jamaah menikmati kenyamanan dalam persiapan berangkat ke Tanah Suci selama berada di asrama haji.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengemukakan keinginannya agar pengelola asrama haji bisa menyediakan pelayanan secara berkelanjutan dengan jangkauan yang lebih luas, tidak hanya mencakup jamaah haji saja.

"Saya ingin ke depannya kita bisa menjaga sustainability atau keberlanjutannya, jangan ada gedung yang setelah dibangun akhirnya mangkrak, tidak ada isinya," kata Hilman saat meresmikan Gedung A1 Asrama Pemondokan Jamaah UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh pada Maret 2022.

"Kita bangun visi bersama untuk meningkatkan income atau pendapatan yang bisa berkontribusi pada pemerintah dengan peningkatan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan saya harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan pengelolanya," kata dia.

Baca juga:
Kemenag upayakan Asrama Haji Padang Pariaman siap pada 2023
DPR dorong pemerintah berikan pelayanan terbaik bagi jamaah calon haji

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022