Jakarta (ANTARA) - Pendaftaran program akselerator Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 5 X Sembrani Wira telah dibuka mulai hari ini hingga 22 Juli 2022 dengan menargetkan perusahaan rintisan (startup) di sektor Pemberdayaan UMKM (SME Enablement) dan Direct to Consumers (D2C).

“Grab percaya akan potensi perusahaan rintisan Indonesia dan kemampuannya dalam menghadapi tantangan yang ada selama mendapatkan dukungan, kesempatan belajar dan akses untuk berkolaborasi,” kata Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

GVV pertama kali diluncurkan pada 2018. Pada tahun ini, Grab bekerja sama dengan BRI Ventures dan salah satu venture capital (VC) terkemuka di Asia Tenggara, Alpha JWC Ventures, untuk mewujudkan program GVV Batch 5.

Baca juga: Grab dan OVO maksimalkan ekosistem layanan di bulan Ramadhan

Mengangkat tema “Preparing Indonesia’s Startups for Post-Pandemic Market”, program ini diharapkan dapat membekali perusahaan rintisan tanah air dengan kemampuan dan keterampilan untuk menjadi lebih tangguh sehingga dapat membangun bisnis yang berkelanjutan.

Melalui program GVV tahun ini, kata Neneng, Grab tidak hanya memberikan sesi mentorship dan workshop serta akses ke pendanaan, melainkan juga membuka kesempatan bagi para pendiri perusahaan rintisan untuk menguji coba ide atau produk mereka dalam ekosistem Grab.

“Kami berharap karenanya para founder akan menjadi semakin tangguh dalam memimpin usaha dan membangun bisnis berkelanjutan dengan pondasi yang kuat,” ujarnya.

Startup terpilih akan mengikuti program intensif selama 12 hingga 16 minggu dengan rangkaian workshop, mentorship, networking dengan venture capital, uji coba ide atau produk dalam ekosistem Grab (pilot), serta kesempatan melanjutkan kerjasama dengan Grab dan akses ke pendanaan.

Sebagai informasi, sektor baru yang disasar oleh GVV tahun ini yaitu perusahaan rintisan dengan model bisnis Direct to Consumers (D2C). Model ini diprediksi menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk berkembang maupun untuk memberikan kemudahan bagi konsumen.

Hal tersebut tampak dari tren menjamurnya bisnis baru seperti makanan dan minuman (food and beverage/F&B), kecantikan (beauty), serta fesyen yang berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Pada paruh pertama 2021, sebanyak 17 venture capital juga telah memberikan pendanaan ke consumer brand.

Sejak diluncurkan empat tahun lalu, sebanyak 26 startup dari berbagai negara di Asia Tenggara telah lulus dari program akselerator ini, dengan 21 di antaranya merupakan startup Indonesia seperti Sejasa, Tanihub, Sayurbox, Qoala, Majoo dan Octopus. Di sisi lain, Sembrani Wira yang merupakan program akselerator besutan BRI Ventures juga telah meluluskan beberapa startup sejak dimulai pada 2021.

Baca juga: Survei: Grab dan Gojek aplikasi layanan unggulan milenial dan gen z

Baca juga: Teknologi pemetaan Grab akan beroperasi penuh pada Q3 2022

Baca juga: Kopi Kenangan buka gerai pertama ditenagai solar panel

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022