Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh menyebutkan enam calon haji Aceh yang gagal ke Tanah Suci hingga pemberangkatan kloter terakhir, karena sakit.

“Total calon haji Aceh yang gagal menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak enam orang," kata Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Embarkasi Aceh Tajri di Banda Aceh, Selasa.

Menurut Tajri, lima jamaah calon haji Embarkasi Aceh yang gagal berangkat karena sakit berasal dari Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Timur, Simeulue, dan Pidie.

Dijelaskan, warga Aceh Tengah dan Gayo Lues yang gagal berangkat tergabung dalam kloter dua. Keduanya sudah sakit sejak dari kabupaten sehingga tidak sempat masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh.

Baca juga: Hipertensi dan kolesterol dominan diderita jamaah calon haji Aceh

Baca juga: PPIH: Jamaah haji Aceh dalam kondisi sehat di Arab Saudi


Untuk jamaah dari Aceh Timur tergabung dalam kloter tiga. Jamaah ini gagal berangkat karena sedang hamil muda, padahal dirinya sudah masuk ke asrama haji untuk embarkasi.

"Dua jamaah lain yang gagal berangkat yaitu warga Simeulue dan Pidie, tergabung dalam kloter lima. Keduanya gagal berangkat juga karena sakit sejak dari kabupaten," katanya.

Sementara satu jamaah lain dari kloter satu asal Pidie Jaya yang gagal menunaikan ibadah haji lantaran meninggal dunia saat pesawat hendak mendarat di Madinah.

Dari enam calon haji itu, kata dia, terdapat empat warga pengganti yang menjadi jamaah calon haji, dan mereka telah diterbangkan ke Jeddah dalam kloter enam yang merupakan kloter terakhir Embarkasi Aceh pada Selasa, pagi.

"Mereka berasal dari Pidie dua orang, Pidie Jaya satu orang, dan Aceh Utara satu orang. Mereka akan berangkat dengan 58 calon haji kloter enam," kata Tajri di Banda Aceh.

Dijelaskan Tajri, dengan bertambah empat calon haji pengganti tersebut, maka total calon haji Aceh dalam kloter enam yang akan diterbangkan ke Jeddah sebanyak 62 orang.

Kloter enam ini merupakan kloter campuran antara Aceh dan jamaah Embarkasi Sumatera Utara, katanya.

Sementara jamaah haji Aceh yang telah berada di Arab Saudi dan sedang menunaikan ibadah haji, sebanyak 1.959 orang, dengan rincian 743 laki-laki dan 1.216 perempuan.*

Baca juga: Dua calon haji Aceh kloter 5 gagal berangkat karena sakit

Baca juga: Satu calon haji asal Nagan Raya gagal berangkat ke Tanah Suci

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022