tanah perbukitan di sekitar itu sangat labil setelah gempa beberapa waktu lalu
Simpang Empat,- (ANTARA) - Kepolisian memperkirakan ada dua mobil tertimbun longsor yang terjadi di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Selasa malam.

"Benar, longsor terjadi di daerah polongan enam dan Pasanggiangan Talamau. Diperkirakan ada dua mobil yang tertimbun material longsor," kata Kepala Kepolisian Sektor Talamau AKP Junaidi di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan saat ini cuaca di Talamau hujan lebat sehingga menyulitkan pihaknya melakukan evakuasi.

"Penumpang satu mobil berhasil selamat. Sedangkan mobilnya diperkirakan masih tertimbun material longsor. Kami kesulitan menuju lokasi karena hujan lebat dan tanah perbukitan di sekitar itu sangat labil setelah gempa beberapa waktu lalu," katanya.

Menurutnya longsor yang terjadi dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Selasa sore hingga malam. "Hingga pukul 20.00 WIB kami kesulitan masuk ke lokasi longsor karena masih hujan lebat dan takut longsor susulan," katanya.

Baca juga: Longsor kembali landa Talamau Pasaman Barat transportasi terputus
Baca juga: Jalur Simpang Empat-Talu di Pasaman Barat sudah bisa dilalui kendaraan

Dari informasi, katanya ada dua mobil yang terjebak dan diduga tertimbun material longsor. Sedangkan satu mobil ambulan juga terhalang menuju Talu Talamau.

Akibat longsor itu, katanya akses transportasi dari Kajai menuju Talu putus total sehingga terjadi antrean kendaraan di kedua sisi jalan itu.

Ia menyebutkan daerah polongan enam dan sekitarnya merupakan daerah rawan longsor. Apalagi sejak terjadinya gempa beberapa waktu lalu.

Akses jalan itu merupakan akses yang menghubungkan dua kabupaten yakni Kabupaten Pasaman Barat dengan Kabupaten Pasaman.

"Kami belum bisa memastikan berapa kendaraan yang terjebak karena terhalang oleh cuaca hujan lebat. Mudah-mudahan hujan segera reda dan kita bisa memberikan bantuan," harapnya. 

Baca juga: Rimbo Kejahatan Talamau, Pasaman Barat kembali longsor

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022