Target kami juara karena Indonesia juga tuan rumah
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong menargetkan skuadnya menjadi juara Piala AFF U-19 tahun 2022.

"Target kami juara karena Indonesia juga tuan rumah," ujar Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Juru taktik asal Korea Selatan itu yakin performa anak-anak asuhnya akan terus membaik seiring latihan yang rutin mereka lakukan.

Baca juga: PSSI: pemain Belanda keturunan Indonesia tak bermain di Piala AFF U-19

Timnas U-19 juga sudah memiliki modal bagus lantaran mereka pernah menjalani pemusatan latihan (TC) serta menuntaskan beberapa laga uji coba di Turki dan Korea Selatan.

Terkini, skuad berjuluk Garuda Nusantara berlaga di kompetisi usia muda internasional, Turnamen Toulon di Prancis, tepatnya pada Mei sampai awal Juni 2022.

Namun, ketika itu, timnas U-19 Indonesia ditangani oleh asisten Shin Tae-yong, Dzenan Radoncic karena Shin fokus membesut timnas senior Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Kalau melihat performa mereka dari televisi, sangat baik. Saya percaya ke depannya tim ini akan terus berkembang," tutur Shin.

Baca juga: Shin Tae-yong fokus tingkatkan kondisi fisik pemain timnas U-19

Piala AFF U-19 2022 akan digelar pada 2-15 Juli 2022 dilaksanakan di dua wilayah Indonesia yakni Jakarta dan Bekasi.

Pada turnamen itu, Indonesia berada dalam Grup A bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Filipina.

Thailand merupakan pemegang lima gelar juara turnamen, Myanmar punya dua dan Vietnam serta Indonesia masing-masing sudah merasakan sekali juara. Indonesia menjadi kampiun pada 2013 saat dilatih oleh Indra Sjafri.

Pertandingan pertama Indonesia pada Piala AFF U-19 2022 bergulir pada Sabtu (2/7) melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB.

Baca juga: Shin Tae-yong panggil 30 pemain timnas persiapan Piala AFF U-19
Baca juga: Indonesia segrup Thailand-Vietnam Kejuaraan U-19 AFF 2022


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022