Jakarta (ANTARA News) - Produsen komputer HP memperkenalkan solusi komputasi berbagi yang diklaim hemat dan ringkas  yaitu HP t200 Zero client. 

Komputasi itu dapat menghubungkan maksimum 15 pengguna komputer hanya dengan 1 PC atau server dan mampu menghemat listrik hingga 80 persen dari PC biasa.

"Kami memperkenalkan solusi HP t200 Zero client yang memiliki fitur dan kemampuan yang canggih untuk sekolah," kata Anthony Lim, HP Regional Bussiness Manager Client Virtualization Solutions Personal System Group South East Asia & Taiwan dalam ajang HP solutions Day 2012 di Jakarta,Selasa.

Menurut dia, solusi HP tersebut dikembangkan bersama Microsoft untuk sekolah-sekolah dan bisa menekan biaya listrik hingga 80 persen karena cukup dengan satu host server dan  bisa digunakan hingga 15 PC.

"Anda tidak perlu tenaga PC yang besar, jadi anda bisa menghemat energi, " Ujarnya

Satu HP zero client t200 memiliki voltase yang rendah yaitu 2,5 hingga 3 watt,sementara hostnya hanya berdaya 200 sampai 240 watt saja.

Host PC untuk HP t200 Zero Client menggunakan Microsoft Multipoint Server 2011. Anthony mengatakan lebih dari 20 ribu klien telah menggunakan solusi ini di Malaysia, sementara kisah sukses efisiensi ini sudah dicapai di Filipina untuk sekolah bernama La Purisima, dan di Indonesia  adalah sekolah Harapan Ibu.

Multipoint server 2011 pada host ini sudah terinstall sistem operasi windows 7 secara virtual jadi para pengguna akan familiar menggunakannya,selain itu solusi ini juga mampu digunakan untuk aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop ataupun Corel Draw secara bersamaan hingga 15 PC.

Anthony menuturkan bahwa sisi efisiensi yang didapat jika menggunakan solusi ini terdapat pada budgeting (pembiayaan) dan penghematan energi.

Solusi komputasi hemat ini dibanderol HP melalui dua paket yaitu Paket kecil seharga 550 US dolar yang terdiri dari 4 buah zero client t200, 5 monitor , 5 keyboard dan mouse dan 1 host full license dari Microsoft Sementara paket besar terdiri dari 14 zero client t200 , 14 keyboard dan mouse dan 15 LCD monitor, dan 1 host full license dari Microsoft dengan spesifikasi yang lebih tinggi seharga 15 kali paket kecil ungkap Anthony.

"Perbedaannya ada di harga dan spesifikasi host nya saja," katanya.
(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012