IQ Air menempatkan Jakarta sebagai kota nomor 8 yang paling berpolusi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca berawan menyambut Jakarta pada Rabu pagi serta berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang dan sore hari, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/ petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari," demikian peringatan dini dari BMKG, dikutip dari akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Rabu.

Untuk wilayah lainnya seperti Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, BMKG memprakirakan cuaca berawan pada siang, sore, hingga malam hari.

BMKG pun memprakirakan wilayah yang tadinya hujan sedang di siang dan sore hari seperti Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat akan mengalami cuaca berawan pada Rabu malam.

Selanjutnya pada Kamis dinihari, cuaca cerah berawan berpotensi menyambut lima wilayah Kota Jakarta dan satu Kabupaten Kepulauan Seribu.

Suhu udara di Jakarta berkisar antara 22 derajat celsius hingga 32 derajat Celcius. Sedangkan kelembaban udara berkisar antara 70 hingga 100 persen.

Polusi
Sementara itu, lembaga data kualitas udara IQ Air menempatkan Jakarta sebagai kota nomor 8 yang paling berpolusi di Indonesia dengan indeks kualitas udara menduduki angka 132 pada Rabu pukul 06.00 WIB pagi.

Peringkat udara Jakarta lebih baik dari sejumlah daerah tetangga seperti Serang (Banten), Bandar Lampung (Lampung), Depok dan Bekasi (Jawa Barat).

Melansir dari laman resmi IQ Air di Jakarta, kualitas udara ibu kota masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif karena konsentrasi Particulate Matter (PM) 2.5 saat ini 9,6 kali di atas nilai pedoman kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Konsentrasi PM2.5 di Jakarta berada pada angka 48 mikrogram per meter kubik.
Baca juga: Rahasia "Jakarta Smart City" meraih yang terbaik di Asia Pasifik
Baca juga: Pembangunan saluran keluar Waduk Cawang capai 55 persen
Baca juga: DKI diharapkan serius tangani banjir dengan optimalisasi dana PEN

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022