Kemnaker satukan visi balai K3 untuk percepat reformasi pengawasan

Kemnaker satukan visi balai K3 untuk percepat reformasi pengawasan

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang, saat membuka Rapat Koordinasi Teknis dan Bimbingan Teknis Pengujian K3 di Balikpapan, Selasa (21/6/2022). ANTARA/HO-Kemnaker/pri.

Kemnaker tidak bisa menjalankan reformasi pengawasan ini sendirian
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan terus menyatukan visi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang ada di seluruh Indonesia guna mempercepat reformasi pengawasan.

"Karena tanpa dukungan dan kolaborasi bapak ibu di Balai K3 UPTP dan UPTD, tentu kami di Kemnaker sebagai pengambil kebijakan tidak bisa menjalankan reformasi pengawasan ini sendirian," kata Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Haiyani saat membuka Rapat Koordinasi Teknis dan Bimbingan Teknis Pengujian K3 di Balikpapan, Selasa. Rapat tersebut diikuti Kepala Balai K3 UPTP dan UPTD untuk memperkuat dan menyatukan visi dalam rangka mewujudkan reformasi pengawasan.

Sementara itu, Direktur Bina Pengujian K3 Kemnaker, Muhamad Idham, mengatakan Rakornis diselenggarakan untuk mewujudkan 9 Lompatan Besar Kemnaker poin ketujuh yakni reformasi pengawasan.

Baca juga: Perkuat Pengujian K3, Kemnaker Hibahkan Alat Ergonomi ke Balai K3

Baca juga: Menaker anugerahi 15 gubernur sebagai Pembina K3 terbaik


Dalam reformasi pengawasan tersebut, kata Idham, salah satu area yang disasar adalah pengembangan pengujian K3.

"Dalam rangka memenuhi itu maka para Kepala Balai K3 kita kumpulkan di sini, kita beri alat, untuk meningkatkan pelayanan pengujian K3 kepada masyarakat," katanya.

Idham menjelaskan, kegiatan Rakornis ini juga dirangkai dengan Bimtek Pengujian K3, yang mana dalam Bimtek ini dipaparkan satu materi baru yakni Risk Assessment bidang kelistrikan.

Seusai dilakukan pemahaman terkait Risk Assessment bidang kelistrikan tersebut, rencananya pihaknya akan mulai melakukan audit energi di tahun 2023 melalui Balai K3 UPTP Kemnaker, yakni Balai K3 Medan, Balai K3 Jakarta, Balai K3 Bandung, Balai K3 Surabaya, Balai K3 Makassar, dan Balai K3 Samarinda.

"Kalau sudah berhasil akan merambah ke semua pelayanan pengujian K3 masyarakat, khususnya di perusahaan," ujarnya.

Baca juga: Menaker: Upaya terus dilakukan untuk tingkatkan pelaksanaan K3

Baca juga: Menaker dorong inovasi tingkatkan penerapan K3 oleh pekerja usia muda

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar