pembenahan yang dilakukan pihak pemkot yakni perbaikan saluran air, pedestrian, revitalisasi beberapa pasar hingga arus lalulintas
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memastikan persiapan pembenahan kawasan Pecinan, Taman Sari sebagai ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) sudah mencapai 80 persen.

"Kalau lihat di lapangan sudah 80 persen siap karena tempat-tempat sudah dibenahi dengan baik," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu.

Iin mengatakan pembenahan yang dilakukan pihak pemkot yakni perbaikan saluran air, pedestrian, revitalisasi beberapa pasar hingga arus lalulintas.

Beberapa pembenahan yang sempat menjadi sorotan yakni perbaikan saluran air yang menelan biaya sebesar Rp500 juta.

Pembebanan itu dilakukan agar wilayah wisata tersebut terhindar dari banjir ketika dilanda hujan deras.

Selain itu, pihaknya juga telah bekerja sama dengan para pelaku usaha di sekitar lokasi Pecinan untuk membersihkan dan memperbaiki beberapa fasilitas umum.

Tidak hanya melakukan pembenahan, Iin beserta jajarannya juga telah menyampaikan sejumlah atraksi yang akan digelar pada hari penilaian ADWI yang akan digelar pada 26 Juni mendatang.

Saat ditanya lebih detail terkait rangka acara tersebut, Iin enggan menjelaskan kepada awak media.

Dia berharap upaya persiapan ini bisa membawa Pecinan sebagai peraih ADWI. Tidak hanya itu, dia juga berharap anugerah ADWI bisa membawa kawasan Pecinan menjadi salah satu pusat wisata di DKI Jakarta.

Untuk diketahui, DKI Jakarta hanya mengirimkan satu kandidat wilayah pada ajang pemilihan ADWI 2022 dan Jakarta harus bersaing dengan provinsi lain dalam ajang tersebut.

Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif selaku penyelenggara akan melakukan penilaian berdasarkan beberapa hal seperti atraksi, penilaian tata letak kota, jajanan kuliner hingga toilet.
Baca juga: Pelaku usaha diajak benahi kawasan Pecinan Taman Sari
Baca juga: Jakarta Barat benahi Pecinan Taman Sari demi Desa Wisata 2022
Baca juga: Dari Gedung Candra Naya hingga Petak Enam, tur Pecinan rayakan Imlek

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022