Denpasar (ANTARA) - Posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekaligus pendaftaran daring bagi calon siswa SMA/SMK negeri di Bali telah dibuka di seluruh sekolah pada Rabu pagi.

"Tadi sudah sempat ke posko PPDB di beberapa SMA/SMK, secara keseluruhan posko siap baik guru, tenaga pendidik maupun OSIS," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Bali KN Boy Jayawibawa di Denpasar.

Boy melakukan pemantauan terhadap posko PPDB di SMAN 1 Kuta Utara, SMKN 1 Denpasar, SMKN 5 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, SMAN 7 Denpasar, dan SMAN 1 Denpasar sekaligus melihat kendala selama hari pertama.

Ia menuturkan bahwa sejauh ini kendala paling umum sehingga orang tua dan calon siswa datang ke sekolah tujuan adalah karena jaringan internet dan mengenai jurusan pilihan di SMK.

Baca juga: Disdikpora Bali: Daya tampung PPDB di SMA-SMK negeri 45.721 siswa

"Hal itu sudah dilayani langsung oleh pihak sekolah, bahkan langsung didaftarkan, walaupun ini online tetapi dibantu di sekolah itu," ujar Boy usai melakukan pemantauan.

Selain itu, beberapa orang tua melakukan kesalahan saat pendaftaran daring dan ada pula yang kebingungan dalam memasukkan data yang diminta oleh sistem sehingga panitia yang bertugas di posko wajib membantu.

Kadisdikpora Bali melihat belum ada permasalahan serius pada hari pertama pendaftaran PPDB SMA/SMK di Bali, pendaftaran akan berlanjut selama empat hari, 22-25 Juni 2022.

Para calon siswa yang hendak mendaftar di SMA/SMK negeri yang ada di Bali diberi kesempatan untuk mendaftar melalui portal PPDB yang disediakan, dengan pilihan jalur zonasi, perpindahan orang tua, afirmasi, dan prestasi.

Baca juga: Disdikpora pastikan PPDB SMAN Bali Mandara tak lagi untuk siswa miskin

Pada sistem yang telah dibuka sejak pukul 8.00 WITA, Boy memastikan belum ada kendala meskipun pendaftar membludak setiap saat.

"Secara sistem tidak ada masalah, berjalan lancar. Betul memang periode dibatasi hingga 25 Juni tapi hingga saat ini jaringan benar-benar aman," kata Boy kepada media.

Melihat dari kendala yang muncul di posko PPDB masing-masing sekolah, Boy mengimbau para siswa dan orang tua agar menyimak dengan baik seluruh aturan pada laman daring, namun jika dirasa menemui kesulitan dapat segera mendatangi sekolah tujuan.

Baca juga: Ganjar minta semua pihak jaga integritas pada PPDB 2022/2023

"Ikuti seluruh prosedurnya, bagi yang memang ada kendala, kami membuka posko di seluruh sekolah. Bagi yang ingin tahu lebih jauh silakan ke posko tapi tetap jaga protokol kesehatan," katanya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022