Sejumlah agenda akan digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Lombok Timur
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2022 direncanakan berlangsung di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 11-23 Juli.

"Sejumlah agenda akan digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Lombok Timur," kata Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial RI Kanya Eka Santi saat bertemu Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy di Lombok Timur, Rabu.

Keterangan tertulis Pemkab Lombok Timur yang diterima di Lombok Tengah, Rabu, menyebutkan Kementerian Sosial berupaya mengedepankan empati bagi anak-anak yang kurang beruntung, utamanya yang miskin, telantar dan penyandang disabilitas.

Baca juga: KPAI: Hari Lingkungan Hidup momentum ajak anak lestarikan alam

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan menyebar di 21 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

"Fokus kegiatan adalah mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi anak-anak di Lombok Timur mulai dari kepemilikan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran," katanya.

Selain itu, rangkaian kegiatan di bidang kesehatan di antaranya dengan vaksinasi dan pemeriksaan mata serta berbagai kegiatan lainnya, termasuk pembangunan satu unit rumah layak huni.

"Kampanye yang berpusat pada penghentian kekerasan anak, pencegahan perkawinan anak, hingga penguatan pengasuhan dalam keluarga," katanya.

Baca juga: BKKBN: Hari Keluarga Nasional momen perkuat pola asuh pada anak

Ia mengatakan kegiatan berorientasi menjawab kebutuhan riil anak, meliputi hak anak, anak sehat dan kreatif, perlindungan anak. Kementerian Sosial akan berkoordinasi dengan seluruh OPD terkait pelaksanaan berbagai agenda tersebut.

"Kami berharap dukungan dari semua OPD untuk menyukseskan kegiatan tersebut," katanya.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menyambut baik rencana pelaksanaan kegiatan tersebut, bahkan menunjuk lokasi untuk puncak peringatan Hari Anak Nasional 2022.

"Kami berharap semua OPD untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2022," katanya.

Baca juga: Ratusan pasangan di Lombok Timur ikuti isbat Nikah

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022