Maka dari itu, diharapkan dengan Gerakan 1.000 USG Payudara Gratis dapat membantu...
Jakarta (ANTARA) - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) divisi Onkologi (One Onco) berkolaborasi dengan Lovepink (komunitas pasien kanker payudara) mengadakan Gerakan 1.000 USG Payudara Gratis untuk perempuan pra-sejahtera.

"Deteksi dini kanker payudara bisa menyelamatkan hidup kita. Cara untuk melakukannya, selain dengan SADARI (periksa payudara sendiri), adalah dengan SADANIS (periksa payudara klinis)," kata Presiden Direktur dan Leader One Onco, dr. Selvinna dalam keterangan resmi pada Rabu.

Ia mengatakan bahwa sebanyak 70 persen kasus kanker payudara ditemukan pada pasien stadium tiga ke atas, sehingga sel kanker telah menyebar.

Padahal, SADARI bisa dilakukan dengan mudah, namun sayangnya tidak semua orang memiliki akses untuk melakukan SADANIS akibat keterbatasan finansial.

Baca juga: Perempuan jangan takut periksa demi cegah kanker sejak dini

SADANIS dapat dilakukan setiap bulan pada hari ketujuh hingga ke-10, terhitung dari hari pertama haid; atau pada tanggal yang sama setiap bulan bagi perempuan yang sudah menopause.

Apabila melakukan SADARI dan SADANIS secara berkala, kanker payudara dapat ditemukan pada stadium dini dan meningkatkan angka harapan hidup pada penderitanya.

"Maka dari itu, diharapkan dengan Gerakan 1.000 USG Payudara Gratis dapat membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu dalam memeriksakan kesehatan payudara secara klinis. Hal ini juga demi tercapainya cita-cita Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut di tahun 2030."

Kalbe memiliki komitmen untuk meningkatkan pengetahuan terhadap penyakit kanker, khususnya di ranah deteksi dini, karena dapat diminimalisir keganasan kanker.

"Kami menyadari bahwa hal ini tidak bisa berjalan sendiri, membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak," kata dr. Selvinna.

Baca juga: Dokter sarankan masyarakat kenali gejala kanker payudara

Dengan semakin meningkatnya akses pemeriksaan USG payudara, diharapkan semakin banyak wanita yang terdeteksi secara klinis. Sehingga, perawatan dapat dilakukan sesegera mungkin dan angka bertahan hidup yang tinggi, demikian Direktur Corporate Branding and Communication Management Mitra Keluarga, dr. Nurvantina Pandina, M.M.

Sejak bulan Oktober 2021 Lovepink berinisiatif mengorganisir program Gerakan USG Payudara Gratis bagi perempuan pra-sejahtera di Indonesia.

Lovepink menggandeng sejumlah rumah sakit dan mengundang pihak-pihak yang ingin berpartisipasi untuk mendanai program tersebut.

Hingga saat ini, Lovepink sudah memberikan akses pemeriksaan USG payudara kepada lebih dari 2.100 perempuan pra-sejahtera. Kegiatan ini masih akan berlanjut di Jabodetabek, Yogyakarta, Jember, Padang, Bandung, dan Banjarbaru.

"Semoga cara ini bisa membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu dapat memeriksakan kesehatan payudaranya secara klinis, demi tercapainya cita-cita Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut di tahun 2030," kata Wakil Ketua Lovepink, Tri Oetami.

Baca juga: Pria dengan masalah kesuburan berisiko terkena kanker payudara

Baca juga: Prodia luncurkan tes baru untuk deteksi mutasi gen penyebab kanker

Baca juga: Wanita disarankan lakukan SADARI sambil berbaring

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022