Padang (ANTARA News) - Lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Sumatera Barat, 4-10 Juni 2012, akan memperebutkan hadiah total Rp1 miliar.

"Untuk penyelenggaraan TdS 2012 ini, panitia menyediakan total hadiah sebanyak Rp1 miliar," kata kepala dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Sumatera Barat Burhasman Bur di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, adanya peningkatan jumlah hadiah dibanding dengan penyelenggaraan TdS 2011 lalu yang berjumlah Rp750 juta merupakan bagian dari inovasi untuk bisa menambah daya tarik event ini agar lebih bergengsi pada tahun sebelumnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, total hadiah yang disiapkan panitia penyelenggara itu merupakan pendanaan gabungan dari 14 pemerintah kabupaten/kota yang akan dilewati para peserta balap sepeda, serta gabungan dari Pemprov Sumbar dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Burhasman juga mengatakan, total hadiah tersebut akan dibagi dalam beberapa kategori pertandingan, termasuk pebalap yang juara dalam masing-masing etape.

"Untuk besar hadiah per etapenya masih dalam pengkajian oleh panitia dan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), termasuk juara umum dalam perlombaan tersebut," katanya.

Selain itu katanya, pembagian jarak masing-masing etapenya juga dalam tahap pembahasan dengan melibatkan badan Balap Sepeda Internasional (UCI).

Ia mengharapkan, dengan bertambahnya hadiah dalam perlombaan tersebut mampu memancing tim balap sepeda unggulan yang selama ini juga turun dalam event balap sepeda internasional lainnya seperti Tour de France dan Tour de Langkawi.

Selain meningkatkan jumlah hadiah dalam peregelaran TdS 2012 ini, sebagai inovasi baru, panitia juga memindahkan tempat start pebalap, yang selama ini rutin dilaksanakan di Kota Padang untuk penyelenggaraan tahun ini dimulai dari Kota Sawahlunto.

"Ini juga bagian dari langkah-langkah panitia agar penyelenggaraan event ini lebih dinamis dan memberikan nuansa baru dalam setiap penyelenggaraan," katanya.

Tour de Singkarak merupakan ajang internasional lomba balap sepeda tahunan yang sudah berlangsung tiga kali sejak tahun 2009.

Ajang ini sudah menjadi agenda resmi tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale) bekerja sama dengan Pengurus Besar ISSI, pemerintahan daerah dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berdasarkan data tahun lalu, TdS terlaksana di 12 kabupaten dan kota di Sumbar serta melombakan 7 etape dengan jarak total 739,3 km diikuti oleh oleh 13 tim internasional dan 11 tim nasional dengan total negara yang ikut serta adalah 17 negara.
(T.KR-AH/T009) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012