senantiasa menjaga kekompakan, dan mendengarkan arahan dan petunjuk petugas
Kendari (ANTARA) - Rombongan perdana jamaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara 2022 yang masuk kloter 6 UPG diberangkatkan menuju Jeddah Arab Saudi pukul 20.00 Wita dari Bandara Sultan Hasanuddin dengan maskapai Garuda kode penerbangan GA1106, Rabu.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh perwakilan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, H Rappe kepada ketua kloter 6 UPG, Marwijid S.Sos.

Ia berpesan, agar selama berada di Arab Saudi, para jamaah tidak lagi membawa nama daerah tetapi membawa nama negara.

"Untuk itu, saya berpesan kepada calon haji senantiasa menjaga kekompakan, dan mendengarkan arahan dan petunjuk petugas kloternya selama berada di Arab Saudi," katanya.

Rappe mendoakan para jamaah haji Sultra agar mendapatkan kelancaran dalam perjalanan hajinya, senantiasa sehat dan kembali dengan selamat dan meraih haji mabrur. Dirinya berpesan, agar jemaah tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan benar.

Baca juga: Gubernur Sultra lepas keberangkatan 927 calon haji
Baca juga: Ratusan calon haji Kota Kendari lakukan vaksinasi meningitis

Ia meminta kepada jamaah untuk senantiasa mengikuti petunjuk petugas kloter dan melaksanakan ibadah sesuai dengan tuntunan.

"Semoga diberangkatkan bersama, dan pulang dengan jumlah yang sama, dengan memperoleh predikat haji mabrur,” ujarnya.

JCH Kloter 6 ini akan langsung menuju Jeddah Arab Saudi, sehingga para jamaah calon haji saat meninggalkan asrama haji sudah menggunakan pakaian ihram.

Pemberangkatan rombongan perdana JCH Sultra tersebut turut disaksikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin bersama sejumlah jajaran pejabat lingkup Kemenag Sultra, Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Kemenag Muna Barat, Kemenag Konawe, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan serta pejabat mewakili Pemkot Kendari, Pemkab Konawe, Muna Barat, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan.

Baca juga: AP II: Penerbangan Haji berjalan lancar
Baca juga: Jamaah haji asal Aceh akan terus dapat Wakaf Baitul Asyi

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Sultra, menyebutkan bahwa JCH yang tergabung pada kloter 6 UPG tersebut sebanyak 393 orang terdiri dari Kota Kendari 292 orang, Kabupaten Konawe 72, Kabupaten Konawe Utara 12, Konawe Kepulauan dua dan Kabupaten Muna Barat sembilan orang, kemudian empat orang petugas, dua orang PHD.

Adapun yang menjadi petugas haji yakni untuk kloter 6 adalah Marwijid S.Sos MPd (TPHI), H Muh Kadir Azis SAg MEI (TPIHI), dr Dewi Kurniawati Sumarno, MKes Sp THT-KL (TKHI), La Yani S.Kep NS (TKHI), kemudian dua pendamping haji daerah (PHD) yakni Drs Aslaman dan Musdar SAg MM.

Untuk diketahui, total Jamaah Calon Haji Sultra berjumlah 931 orang sudah termasuk petugas haji 9 orang dan pendamping haji daerah berjumlah 4 orang.

JCH Sultra tersebut tergabung dalam tiga kloter, terdiri dua kloter penuh (kloter 6 UPG Makassar dan kloter 7 UPG Makassar) dan satu kloter gabungan dengan jamaah dari Sulsel (kloter 8 UPG Makassar).

Baca juga: Penyedia katering diminta pastikan layanan konsumsi jamaah haji lancar
 

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022