Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Rabu (22/6) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Presiden Jokowi bertolak ke Kalimantan Timur hingga Rapat kerja nasional (Rakernas) PDI-Perjuangan.

Klik di sini untuk berita selengkapnya

1. Presiden Jokowi bertolak ke Kalimantan Timur

Presiden Joko Widodo bertolak ke Kalimantan Timur, Rabu, untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Persemaian Mentawir, mengunjungi Titik Nol Ibu Kota Nusantara, hingga membuka Kongres Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.15 WIB.

Selengkapnya di sini

2. Rakernas PDIP hari kedua bahas strategi pemenangan pemilu

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan hari kedua akan membahas hal-hal strategis dalam menghadapi Pemilu 2024, khususnya terkait dengan strategi pemenangan Pemilu.

Para peserta Rakernas II akan mengawali hari dengan senam Senam Indonesia Cita Tanah Air (Sicita), bertempat di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu.

Selengkapnya di sini

3. Menhan imbau ASEAN jaga netralitas di tengah persaingan kekuatan besar

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengimbau negara-negara anggota ASEAN untuk menjaga netralitas di tengah adanya persaingan kekuatan besar yang berpotensi memecah belah persatuan ASEAN.

“Kita tidak boleh membiarkan kekuatan luar memecah belah ASEAN dan menyeret kita ke dalam persaingan mereka," kata Prabowo dalam acara ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Ke-16 di Phnom Penh, Kamboja, Rabu, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya di sini

4. Presiden Jokowi yakin pembangunan infrastruktur di IKN lancar

Presiden Joko Widodo optimistis pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tenggat waktu yang telah direncanakan.

Optimisme Presiden Jokowi tersebut berdasarkan pengalaman pemerintah membangun sejumlah infrastruktur, antara lain, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang memiliki banyak tantangan.

"Bandara di Kulon Progo sebesar itu saja (selesai) 18 bulan, 1,5 tahun. Padahal tantangannya banyak. Interiornya sulit, kemudian ceiling-nya juga tinggi banget, itu bisa diselesaikan," kata Presiden Jokowi saat meninjau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu.

Selengkapnya di sini

5. IKBP: Pemekaran daerah otonomi baru atasi persoalan di Papua

Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Papua (IKBP) Ayub Faidiban mengatakan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) akan menjadi kunci mengatasi berbagai persoalan yang ada di Tanah Papua.

"Kenapa kita sampai mendukung, karena kami sendiri anak Papua dan melihat persoalan yang ada di Papua bagaimana supaya Papua juga bisa maju, sama dengan daerah-daerah lain," kata Ayub Faidiban dalam pernyataannya, Rabu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022