Satu jamaah asal Embarkasi Solo, Jateng yang meninggal dunia tersebut yakni Subagi Daersono (59), warga Pucakwangi, Kabupaten Pati tergabung kloter 2
Boyolali, Jateng (ANTARA) - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyatakan bahwa calon haji asal Jawa Tengah yang meninggal dunia di Arab Saudi, bertambah satu jamaah, yakni asal Kabupaten Pati.

"Satu jamaah asal Embarkasi Solo, Jateng yang meninggal dunia tersebut yakni Subagi Daersono (59), warga Pucakwangi, Kabupaten Pati tergabung kloter 2," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, Kamis.

Ia menjelaskan jamaah asal Kabupaten Pati tersebut dilaporkan meninggal di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Mekah, pada Rabu (22/6), pukul 17.05 Waktu Arab Saudi (WAS), karena sakit "Cardiovascular Desease". Jenazah dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharae, Mekkah.

"Dengan dilaporkannya jamaah asal Pati meninggal itu, sehingga jumlah JCH Embarkasi Solo yang meninggal di Arab Saudi menjadi dua orang," katanya.

Ia mengatakan jumlah jamaah asal Embarkasi Solo yang sakit di Arab Saudi, Kamis (23/6)  ini, dilaporkan ada enam jamaah, yakni lima dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekkah ada lima orang satu lainnya di KKHI di Madinah.

JCH Embarkasi Solo yang dirawat dan dirujuk di rumah sakit di Tanah Air ada delapan orang. Delapan itu, dirawat di RS TNI AU Karanganyar ada di RSUD Dr. Moewardi Solo ada dua orang.

PPIH Embarkasi Solo hingga, Kamis ini, telah memberangkatkan JCH sebanyak 28 kloter dengan jumlah 10.035 jamaah dari target penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, 15.477 jamaah terbagi 43 kloter.

JCH kloter 28 asal Kebumen dan Banyumas telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Kamis, pada pukul 02.15 WIB dengan sebanyak 358 jamaah.

"Jumlah jamaah Embarkasi Solo yang sudah tiba di Arab Saudi, hingga kloter 27 sebanyak 9.677 jamaah," katanya.

PPIH Embarkasi Solo sudah menerima kedatangan JCH asal Kabupaten Banyumas Jateng tergabung kloter 29 di Asrama Haji Donohudan Boyolali. JCH kloter ini, rencana diberangkatkan ke Tanah Suci, pada Kamis ini, pada 17.20 WIB, demikian Sarip Sahrul Samsudin.

Baca juga: Sembilan calon haji embarkasi Solo tertunda berangkat karena sakit

Baca juga: Jamaah calon haji Embarkasi Solo tiba di Mekkah dari Madinah

Baca juga: 7.521 calon haji telah diberangkatkan ke Tanah Suci via Embarkasi Solo

Baca juga: 5.370 JCH Embarkasi Solo Jateng telah diberangkatkan ke Tanah Suci

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022