sedang dalam proses pembayaran kepada sekitar 30 Kepala Keluarga yang ditargetkan rampung pada awal Juli 2022
Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta menargetkan proyek pengerjaan saringan sampah di Sungai Ciliwung rampung pada Desember 2022.

"Saat ini masih dalam proses konstruksi, semoga Desember saringan sampah jadi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan proyek saringan sampah dilaksanakan oleh PT Presisi yang sedang dalam proses konstruksi di aliran Sungai Ciliwung yakni di Kelurahan Tanjung Barat dan Kelurahan Gedong.

"Sampah yang dibawa Kali Ciliwung tidak dibawa ke Jakarta sehingga paling tidak akan mengurangi dampak banjir yang menyumbat dari sampah yang menyumbat dari aliran Ciliwung," imbuhnya.

Sementara itu, terkait pembebasan lahan, kata dia, sudah mendekati rampung oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Saat ini, lanjut dia, sedang dalam proses pembayaran kepada sekitar 30 Kepala Keluarga yang ditargetkan rampung pada awal Juli 2022.

Adapun luas lahan yang dibebaskan adalah sekitar satu hektare kiri dan kanan lahan sungai dengan nilai anggaran mencapai sekitar Rp197 miliar.

Berdasarkan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SiRUP LKPP) proyek pembangunan saringan sampah masuk kategori pekerjaan konstruksi dengan metode tender.

Sementara itu, berdasarkan Instruksi Gubernur DKI Nomor 49 Tahun 2021, program saringan sampah masuk isu prioritas daerah tahun 2021-2022.
Baca juga: Rawajati sudah terima pembayaran terkait normalisasi Ciliwung
Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BEM UI bersihkan Sungai Ciliwung
Baca juga: Sudin Sosial Jaktim bagikan makanan ke korban banjir Kali Ciliwung

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022