ULM bantu Universitas Borneo Tarakan wujudkan Fakultas Kedokteran

ULM bantu Universitas Borneo Tarakan wujudkan Fakultas Kedokteran

Rektor ULM Prof Sutarto Hadi bersama Rektor UBT Prof Adri Patton dan Rektor UPR Dr. Andrie Elia Embang saat penandatanganan kerja sama. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan berkomitmen membantu Universitas Borneo Tarakan (UBT) di Kalimantan Utara mewujudkan Fakultas Kedokteran sebagai kolaborasi perguruan tinggi negeri (PTN) di Pulau Kalimantan.

"Saya sudah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Rektor UBT Prof Adri Patton untuk dukungan penuh ULM bagi pendirian Fakultas Kedokteran," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: 68 guru besar teguhkan ULM sebagai PTN terbaik di Kalimantan

Menurut dia, ULM sebagai PTN terbaik di Kalimantan senantiasa berkomitmen membantu perguruan tinggi lainnya di satu pulau agar sama-sama maju dan berkembang.

Para dosen terbaik ULM ditugaskan menyokong proses perkuliahan pada perguruan tinggi yang memerlukan sumber daya dosen berkualifikasi doktor (S3).

Sutarto mengatakan, ULM yang memiliki kampus di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, didukung tenaga pengajar dengan kualifikasi terbaik sesuai bidangnya.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat gandeng BNN wujudkan kampus "Bersinar"

Ada sekitar 380 dosen bergelar doktor dari total sekitar 1.200 staf pengajar. Kemudian 68 guru besar menyokong visi ULM sebagai universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah.

Selain dengan UBT, ULM juga sudah menugaskan Prof Syamsul Arifin selaku Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM untuk menjadi Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah.

Baca juga: ULM cetak 26 Doktor Ilmu Pertanian perkuat SDM di Kalimantan

"Kolaborasi terus kita tingkatkan dengan UPR, salah satunya akselerasi peningkatan status PTN satker menjadi PTN badan layanan umum (BLU) karena ULM telah resmi berstatus BLU tahun ini," kata Sutarto.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar