KBRI Dili siapkan 100 beasiswa bagi anak-anak di Oecusse

KBRI Dili siapkan 100 beasiswa bagi anak-anak di Oecusse

Duta Besar RI untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik berpose di Kedutaan Besar RI di Dili, Selasa (17/5/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Kupang (ANTARA) - Sebanyak 50 hingga 100 beasiswa disiapkan oleh Kedutaan Besar RI di Dili, Timor Leste, bagi anak-anak yang berprestasi di distrik Oecusse, wilayah enclave Timor Leste yang berbatasan dengan dua Kabupaten di NTT.

"Ini menjadi prioritas penting juga bagi KBRI dalam perayaan di Oecusse pada hari Ahad nanti," kata Duta Besar RI di Dili Okto Dorinus Manik saat dihubungi dari Kupang, Kamis.

Oecusse sendiri adalah distrik wilayah enclave Timor Leste yang berada di Timor NTT dan dikelilingi oleh beberapa kabupaten di NTT yakni Kabupaten Kupang dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Ia menjelaskan bahwa pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa di Timor Leste dari KBRI sudah berjalan selama 10 tahun terakhir.

Baca juga: KBRI Canberra gelar orientasi bagi penerima beasiswa NCP Australia

Baca juga: KBRI Yangon dan UB beri beasiswa bagi mahasiswa Myanmar


Namun, sayangnya informasi soal bantuan beasiswa dari KBRI itu hanya diperoleh oleh mahasiswa yang tinggal di Kota Dili, ibu kota negara Timor Leste.

Sementara bagi mahasiswa atau anak-anak berprestasi di wilayah Oecusse yang masih terisolir sulit mendapatkan informasi tersebut.

"Namanya juga enclave dan terisolir. Sehingga anak-anak di Oecusse tidak dapat informasi tentang beasiswa. Informasi tidak sampai ke wilayah itu," tambah dia.

KBRI di Dili melalui kantor penghubung nya di Oecusse, ujar dia telah menjembatani informasi beasiswa itu untuk masuk ke daerah enclave tersebut.

Ia mengatakan bahwa atase pendidikan KBRI di Dili sendiri sudah berkomitmen untuk memajukan wilayah di perbatasan kedua negara Indonesia-Timor Leste dengan memberikan kesempatan bantuan beasiswa kepada anak-anak Oecusse.*

Baca juga: KBRI gelar pertemuan warga Belgia penerima beasiswa Dharmasiswa

Baca juga: Indonesia beri pemuda Palestina beasiswa penerbang

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar