Wabup Siak lepas 107 calon haji

Wabup Siak lepas 107 calon haji

Wabup Siak, Husni Merza saat mengalungkan kacu kepada JCH yang akan berangkat ke tanah suci. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, (ANTARA) - Wakil Bupati Siak, Husni Merza melepas 107 calon haji setempat yang ditandai dengan pemasangan kacu bertuliskan jamaah haji Kabupaten Siak dengan lambang logo Kabupaten Siak bertempat di Asrama Haji, Kamis.

Husni mengingatkan agar jamaah melakukan persiapan dengan matang, karena ibadah ini perlu persiapan fisik, kecakapan, dan terutama ilmu. Ia meminta pelajari dan pahami rukun dan wajibnya setiap tempat, di Madinah maupun di Makkah sehingga dalam menjalankan ibadah dapat benar benar khusyuk.

"Kami berpesan atas nama pemerintah Kabupaten Siak lakukan persiapan dengan matang maka kalau sudah di tanah suci Mekkah dan Madinah selalu mengucapkan istighfar karena kunci haji ini istiqomah," kata Wabup Husni.

Kegiatan pelepasan 107 calon haji terdiri dari 52 laki-laki dan 55 perempuan yang terbagi dua rombongan dan sembilan regu. Jamaah termuda 36 tahun, dan tertua 65 tahun dan seluruhnya sehat serta telah dilakukan tes PCR yang hasilnya negatif dari COVID-19.

Baca juga: Gubernur Riau lepas jamaah haji Riau

Baca juga: Jamaah calon haji Riau diingatkan kenakan kain ihram di embarkasi


Jamaah haji Siak masuk Kloter 9 Embarkasi Batam, akan bergabung dengan jamaah dari beberapa kabupaten/kota lainnya. Jamaah akan berangkat ke Batam pada Jumat dini hari dari Embarkasi Haji Antara Pekanbaru.

"Semoga tidak ada kendala apapun. Jika ada waktu istirahat maka istirahatlah. Perbanyak shalat dan zikir. Laksanakan rukun haji sesempurna mungkin,” kata Husni lagi.

Jamaah yang berangkat itu berasal dari 12 kecamatan di Kabupaten Siak. Tidak ada yang berasal dari Kecamatan Mempura dan Pusako dan yang paling banyak dari Kecamatan Kerinci Kanan.

Jumlah jamaah saat ini bertambah empat orang dari yang sebelumnya 103 orang. Empat tambahan ini merupakan daftar tunggu yang berhasil masuk data yang akan berangkat yang mana berasal dari Kecamatan Kandis.

Untuk tahun ini memang kuota berkurang dibandingkan jamaah haji sebelumnya yang sebanyak 227 orang. Yang berangkat tahun ini merupakan jamaah haji tahun 2020 yang tertunda akibat adanya Pandemi COVID-19.*

Baca juga: Pemprov Riau alokasikan dana Rp300 juta untuk konsumsi panitia haji

Baca juga: Pemprov Riau siapkan Rp11 M sewa pesawat untuk jamaah haji

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar