Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Tokyo berakhir cenderung datar pada Kamis, dalam perdagangan bergejolak dengan ekuitas transportasi naik di tengah harapan peningkatan permintaan, meskipun kekhawatiran membebani prospek pertumbuhan di Amerika Serikat.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo naik tipis 21,70 poin atau 0,08 persen, menjadi ditutup di 26.171,25 poin. Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas sedikit melemah 0,91 poin atau 0,05 persen, menjadi berakhir di 1.851,74 poin.

Pialang lokal mengatakan pasar tidak memiliki arah untuk sebagian besar hari, dengan investor khawatir bahwa langkah Federal Reserve AS yang terus menaikkan suku bunganya untuk mengatasi inflasi dapat memicu resesi di ekonomi terbesar di dunia itu.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan hari sebelumnya bahwa bank sentral bertekad untuk mengatasi kenaikan inflasi dengan menaikkan suku bunga utamanya. Powell mengakui bahwa kebijakan agresif The Fed dapat menyebabkan resesi, meskipun ini bukan niat bank.

"Ketika pasar global menghadapi kenaikan suku bunga dan resesi, Jepang diposisikan secara berbeda," kata Shuji Hosoi, ahli strategi senior di Daiwa Securities.

Para analis pasar di sini mengatakan bahwa semua mata sekarang tertuju pada Amerika Serikat dan kemungkinan resesi yang dipicu oleh kenaikan suku bunga Fed akan berdampak pada permintaan ekspor Jepang.

"Saat ini, investor luar negeri lebih fokus pada faktor-faktor di Amerika Serikat, seperti apa yang akan terjadi pada inflasi atau ekonominya, daripada apa yang terjadi di Jepang," Yutaka Miura, analis teknikal senior di Mizuho Securities Co.

"Karena investor asing merupakan sebagian besar investor di pasar Jepang, mereka tidak dapat membeli saham dengan nyaman ketika pasar dalam negeri mereka tidak stabil," kata Miura.

Pada penutupan perdagangan, saham transportasi udara dan makanan menjadi yang paling banyak naik, sementara pertambangan dan logam nonbesi memimpin penurunan di pasar utama.

Ekuitas transportasi mendapat dukungan dengan harapan peningkatan patronase setelah Jepang dan Korea Selatan mengatakan mereka akan melanjutkan penerbangan antara Tokyo dan Seoul minggu depan untuk pertama kalinya dalam dua tahun karena pandemi.

Akibatnya, Japan Airlines naik 1,9 persen, sementara ANA Holdings naik 2,0 persen.

Pembuat minuman menguat dengan Sapporo Holdings Ltd naik 2,6 persen, sementara Asahi Group Holdings Ltd bertambah 2,3 persen. Sementara itu, Kirin Holdings Co. Ltd., mengakhiri hari dengan kenaikan 1,3 persen.

Perusahaan farmasi Shionogi jatuh 5,6 persen setelah persetujuan darurat untuk obat COVID-19 oral pembuat obat itu ditunda. Sumitomo Metal Mining Co. Ltd. adalah pecundang besar lainnya yang jatuh 6,0 persen menjadi pemain terburuk Nikkei.

Baca juga: Indeks Nikkei setop rugi 4 hari beruntun, terkerek naiknya Wall Street
Baca juga: Nikkei melonjak lebih dari 2 persen karena kekhawatiran inflasi mereda
Baca juga: Saham Tokyo ditutup beragam, ekuitas chip turun dan transportasi naik

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022