Peran swasta dan industri melalui Kadin akan sangat besar. Untuk itu saya berharap Kadin dapat semakin profesional, turut membantu proses pemulihan dan transformasi ekonomi Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Maju
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk ikut membantu pemerintah mewujudkan visi menjadikan Indonesia negara maju pada 2045.

Menko Luhut mengingatkan agar semua pihak kompak dan memfokuskan pemikiran serta upaya mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju dan pusat peradaban kemaritiman pada 2045.

"Peran swasta dan industri melalui Kadin akan sangat besar. Untuk itu saya berharap Kadin dapat semakin profesional, turut membantu proses pemulihan dan transformasi ekonomi Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Maju," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Dalam sambutan dan arahannya pada Musyawarah Nasional Khusus Kadin Tahun 2022 secara virtual, Kamis, Luhut mendorong Kadin sebagai mitra kerja pemerintah agar tetap solid untuk membantu dalam proses pemulihan dan transformasi ekonomi pascapandemi di Indonesia.

Untuk menjadi negara maju pada 2045, menurutnya, semua pihak harus mampu mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi dan melakukan transformasi ekonomi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga mendekati atau lebih dari 6 persen.

Baca juga: Sri Mulyani sebut 6 prasyarat RI jadi negara maju, wujudkan Visi 2045

"Saat ini situasi pandemi di Indonesia masih terkendali, namun kita masih harus tetap waspada terhadap sub-varian baru omicron BA.4 dan BA.5 dengan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Indonesia, lanjut Menko Luhut, saat ini juga sedang melakukan transformasi ekonomi dengan tidak lagi mengandalkan komoditi ekspor mentah tetapi sudah masuk pada turunannya.

Ia berharap Kadin dapat mengambil peran dalam potensi pengembangan industri hilirisasi Indonesia ke depannya. Saat ini pembangunan di Indonesia telah lebih merata dengan munculnya industri-industri baru di wilayah timur Indonesia.

Ia juga menyebut peningkatan efisiensi melalui digitalisasi juga menjadi fokus kinerja pemerintah saat ini.

"Selama 8 tahun terakhir, Indonesia telah mentransformasi ekonomi menjadi lebih efisien, lebih maju, dan tidak terlalu bergantung pada komoditas. Hal ini dicapai melalui hilirisasi industri, peningkatan efisiensi melalui digitalisasi dan transformasi pedesaan," pungkas Menko Luhut.

Baca juga: Untuk jadi negara maju, pasar keuangan RI harus 400 persen dari PDB

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022