Jakarta (ANTARA) - Kota Jayapura, Papua, menjadi lokasi terakhir pencarian bakat Papua Football Academy (PFA), setelah ajang serupa sudah sukses digelar di dua kota lain yakni Timika dan Merauke.

Pencarian bakat PFA akan digelar di Stadion Mahacendra, Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, pada Sabtu (25/6) pukul 08.00 WIT dan Minggu (26/6) pukul 14.00 WIT.

"Saya yakin, anak-anak di Jayapura tak kalah bagus dengan teman-temannya di Timika dan Merauke," kata Direktur Teknik PFA Wolfgang Pikal, dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dipimpin mantan asisten pelatih timnas Indonesia itu, PFA sejauh ini sudah mendapatkan 48 pemain di Timika dan Merauke, yang telah melewati tes psikologi, sidik jari, kesehatan, dan bakat sepak bola.

Di Timika, penjaringan dilakukan pada 11-12 Juni di Stadion Wania dan diikuti total 163 peserta. Sedangkan 177 peserta ambil bagian dalam pencarian bakat di Lapangan Sepak Bola Universitas Musamus, Merauke, pada 18-19 Juni.

Baca juga: Pencarian bakat Papua Football Academy dimulai

Kini, giliran putra-putra Jayapura kelahiran 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2009 dan duduk di kelas VII SMP saat mengikuti kegiatan yang berkesempatan unjuk kemampuan bakat sepak bola di hadapan tim pelatih PFA.

"Saya harap mereka mengikuti proses ini dengan tenang agar dapat mengeluarkan kemampuan terbaik," kata Pikal.

Selain memperlihatkan bakat bermain sepak bola secara individu, para pelatih juga akan menilai aspek taktik bermain, kondisi fisik, personalitas, mentalitas, dan kemampuan menyerap instruksi pelatih.

Dari tiga kota pencarian bakat, tim pelatih akan memilih sebanyak 30 siswa yang akan tinggal bersama pengelola PFA, mengikuti pendidikan formal, dan berlatih sepak bola bersama di asrama yang berlokasi di Timika.

Baca juga: Ratusan pemain Belia Timika ikuti pencarian bakat PFA

Program PFA merupakan inisiasi dan salah satu komitmen investasi sosial PT Freeport Indonesia untuk membantu mengembangkan sumber daya sepak bola Papua.

Tak hanya dapat memberikan dukungan bagi anak-anak Papua yang mengikuti seleksi, masyarakat di Jayapura dapat ambil bagian dalam kegiatan "Lomba Foto PFA Cari Bakat".

"Panitia menyiapkan hadiah bagi masyarakat yang hadir di stadion. Silakan mengabadikan kegiatan selama proses seleksi dan memposting di akun Instagram masing-masing dengan memakai #PFACARIBAKAT. Jangan lupa menuliskan caption lokasi foto diambil," kata perwakilan dari panitia PFA Cari Bakat Rizky Aidi.

Panitia mencari 10 pemenang berbeda dari tiga lokasi PFA Cari Bakat, yakni Timika, Merauke, dan Jayapura yang akan dibuktikan lewat data diri yang nanti akan dikonfirmasi oleh panitia lewat akun yang bersangkutan. Masing-masing dari 10 pemenang mendapatkan hadiah sebesar Rp2,5 juta.

Baca juga: PFA lanjutkan pencarian bakat sepak bola di Merauke

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022