Jakarta (ANTARA) - Aktor Baim Wong mengaku tidak sabar untuk menonton langsung kejuaraan bola basket Piala FIBA Asia 2022 yang bakal dilangsungkan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 12-14 Juli nanti.

Pesohor yang sejak Desember lalu didapuk menjadi presiden klub Satria Muda Pertamina Jakarta itu mengaku sudah mengagendakan jadwal agar bisa mendukung langsung Andakara Prastawa Dhyaksa dkk beraksi, sembari menegaskan status barunya sebagai "Abas" alias anak basket.

"Insya Allah, iya," kata Baim, mengkonfirmasi kehadiran, dikutip dari laman resmi timnas basket, Kamis. Dia menambahkan akan mengajak sahabat-sahabatnya sesama selebritas jika ada kesempatan.

"Pasti saya hadir untuk mendukung timnas basket Indonesia. Kebanyakan orang-orang yang nanti nonton langsung di Istora juga pasti untuk mendukung Indonesia. Kalau saya juga menyaksikan tim-tim lain, itu untuk pembelajaran," imbuh Baim.

Meski mengakui tidak begitu memahami seluk beluk tim-tim yang akan mentas di Istora, Baim mengatakan mengikuti kabar beberapa pemain, terutama dari Filipina.

Baca juga: Jadi presiden SM, Baim Wong dinilai bisa tingkatkan pamor basket
Baca juga: Tiket FIBA Asia Cup mulai dijual dan dibanderol Rp230 ribu-Rp1 juta


Baim juga menegaskan akan memberikan dukungan kepada seluruh pemain timnas basket putra Indonesia, dan tidak hanya mereka yang berasal dari Satria Muda. Di mata Baim, banyak pemain Indonesia yang hebat dan layak dinantikan aksinya di lapangan.

"Abraham (Damar Grahita) jago. Saya juga suka sama Derrick Michael. Wah...banyak banget pemain kita yang bagus," kata suami model Paula Verhoeven itu.

Baim melihat Piala FIBA Asia 2022 tak sekadar event basket bergengsi antarnegara yang wajib ditonton. Lebih dari itu, dia menilai, sekaligus berharap, ajang tersebut bisa menjadi salah satu pemicu bola basket kembali bergeliat seperti masa lalu.

Menurut Baim, pandemi COVID-19 ikut menurunkan pamor basket. Dia ingin basket Tanah Air kembali dipenuhi beragam event basket, mulai dari streetball, 3x3, Liga Mahasiswa, sampai liga profesional.

"Tanpa disuruh kita juga akan memberikan awareness orang-orang ya tentang FIBA Asia Cup. Insya Allah dari sini basket Indonesia balik lagi seperti dulu, malah lebih bagus daripada dulu," ujar Baim.

Baim mengatakan akan lanjut mendampingi timnya berlaga di playoff IBL selepas Piala FIBA Asia 2022.

Baca juga: Perbasi fokus FIBA Asia Cup usai SEA Games
Baca juga: Timnas basket akan lawan tim-tim NBL1 Australia jelang FIBA Asia Cup

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022