Jakarta (ANTARA) - Koordinator Jaringan Aktivis Nusantara (JAN) Romadhon Jasn menyambut baik dan mengapresiasi komitmen Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang meningkatkan kesetaraan peluang promosi jabatan polisi perempuan (polwan) di tubuh Polri.

"Komitmen Kapolri meningkatkan kesetaraan peluang promosi jabatan antara polisi laki-laki dengan polisi perempuan harus diapresiasi," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kapolri beri promosi dan kenaikan pangkat sejumlah polwan

Hal tersebut disampaikannya terkait promosi berupa kenaikan pangkat dan jabatan strategis di tubuh Polri kepada sejumlah polwan. Salah satunya ialah Komisaris Besar (Kombes) Pol Nurul Azizah yang diangkat sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri.

Ia mengatakan kebijakan Kapolri yang mengangkat Kombes Nurul Azizah menjadi juru bicara perempuan pertama tersebut, sekaligus membuktikan komitmen mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu sebelum dilantik.

"Penempatan polwan untuk menempati jabatan strategis adalah bukti kesungguhan Kapolri terhadap kesetaraan gender," kata Romadhon.

Ia mengatakan memberikan ruang atau posisi-posisi strategis kepada polwan dapat diterjemahkan bahwa Kapolri selalu mendukung kiprah polwan agar mendapat kesempatan yang sama layaknya polisi laki-laki.

"Ini salah satu terobosan luar biasa yang dilakukan Kapolri Sigit, komitmen beliau yang tertuang dalam presisi Polri diterjemahkan dalam tindakan nyata," ujarnya.

Menurutnya, peran perempuan diperlukan pada posisi penting pengambil keputusan agar kebijakan yang dihasilkan lebih berpihak kepada perempuan dan anak.
Sehingga, diharapkan bisa menghapus kesenjangan kualitas hidup antara perempuan dan laki-laki.

Oleh karena itu, keputusan yang dilakukan oleh Kapolri dinilainya sudah tepat dengan memberikan promosi berupa kenaikan pangkat dan jabatan strategis kepada polwan.

"Peningkatan kapasitas kepemimpinan polwan supaya perempuan lebih percaya diri untuk berpartisipasi dan menyuarakan aspirasi," kata dia.

Untuk diketahui Kapolri menerbitkan lima telegram rahasia yakni ST/1213/VI/KEP./2022, ST/1214/VI/KEP./2022, ST/1215/VI/KEP./2022, ST/1216/VI/KEP./2022 dan ST/1217/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri.

Dalam surat telegram mutasi tersebut terdapat sejumlah nama polwan yang mendapat promosi jabatan serta kenaikan pangkat.

Baca juga: Komnas Perempuan sambut baik penempatan polwan pada jabatan strategis
Baca juga: Legislator nilai Kapolri penuhi komitmen pengembangan karir polwan
Baca juga: Kompolnas apresiasi banyak polwan mendapat promosi kali ini


Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022