SBMPTN di Unand, 2.936 calon mahasiswa lulus

SBMPTN di Unand, 2.936 calon mahasiswa lulus

Wakil Rektor I Unand Prof Mansyurdin. (FOTO ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

2.936 calon mahasiswa baru lulus di Unand melalui jalur SBMPTN setelah bersaing dengan 34.782 peserta yang mendaftar di jalur ini
Padang (ANTARA) - Sebanyak 2.936 calon mahasiswa dinyatakan lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Universitas Andalas (Unand) Padang yang pemberitahuan kelulusannya diumumkan pada Kamis sore melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dan https://sbmptn.unand.ac.id.

Wakil Rektor I Unand Prof Mansyurdin di Padang, Kamis menyampaikan SBMPTN merupakan salah satu dari beberapa jalur seleksi yang dibuka bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Unand.

“Sejak pukul 15.00 WIB tadi peserta sudah bisa melihat hasil pengumuman melalui secara online pada laman utama dan juga di 32 laman mirror perguruan tinggi,” katanya

Menurut dia 2.936 calon mahasiswa baru lulus di Unand melalui jalur SBMPTN setelah bersaing dengan 34.782 peserta yang mendaftar di jalur ini.

“Jumlah peserta yang mendaftar di tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 32.541 orang,” katanya.

Lima peminat terbanyak yang mendaftar di Unand yaitu Prodi Pendidikan Dokter Farmasi, Ilmu Hukum , Manajemen dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Wakil Rektor mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada calon mahasiswa yang lulus karena akan menjadi keluarga besar Unand

“Bagi yang belum lulus jangan patah semangat, karena SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk masuk ke perguruan tinggi, masih ada kesempatan belajar di Universitas Andalas melalui jalur SIMA atau seleksi mandiri,” katanya.

Untuk Seleksi Masuk Universitas Andalas (SIMA ) pihaknya membuka lima jalur menampung 2.849 mahasiswa baru atau setara 40 persen kapasitas penerimaan tahun ini.

Sementara staf ahli bidang akademik Unand Syofyan mengatakan SIMA terbagi atas lima jalur yakni SIMA Prestasi, Kerja Sama, Disabilitas, Akademik, dan Internasional.

Ia menjelaskan SIMA Akademik ini terbagi dua yakni SIMA Akademik Nilai Ujian dan SIMA Akademik Ujian Tulis Berbasis Komputer.

“Bagi Siswa Lulusan 2020, 2021 dan 2022 yang tidak memiliki nilai UTBK dan merasa kurang yakin dengan hasil nilai UTBK dapat mengikuti seleksi jalur ini,” ujarnya.

Pelaksanaan SIMA Akademik Nilai Ujian ini sama seperti pelaksanaan UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT.

“Penyelenggaraan SIMA ini juga sudah dikerjasamakan dengan pihak LTMPT dan juga akan diawasi langsung,” ujarnya.

Pelaksanaan SIMA Akademik Nilai Ujian ini akan dilaksanakan di kampus Universitas Andalas pada 27-28 Juni 2022 sedangkan untuk pengumuman hasil akan diumumkan pada 6 Juli 2022, dan pendaftaran ulang pada 8 – 15 Juli 2022.

“Untuk SIMA Akademik Nilai UTBK pendaftarannya baru akan dibuka setelah pengumuman hasil UTBK diumumkan oleh LTMPT yakni pada tanggal 28 Juni 2022,” demikian Syofyan.


Baca juga: Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 ditinjau Rektor Unand

Baca juga: 5.680 peserta ikuti UTBK SBMPTN di Unand gelombang II

Baca juga: Pelaksanaan UTBK SBMPTN di Unand terapkan protokol COVID-19

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar