Depok (ANTARA) - Koordinator Seleksi Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia (UI), Mikael Januardi Ginting, S.T., mengatakan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI membuka kelas paralel pada program studi Arkeologi, Ilmu Filsafat, Ilmu Sejarah, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Sastra Indonesia, dan Sastra Rusia.

"Keenam prodi tersebut menerima seluruh mahasiswanya melalui jalur SIMAK UI. Untuk S1 Kelas Internasional, terdapat beberapa prodi dengan pilihan kelas Gelar Tunggal dan Gelar Ganda," kata Mikael Januardi Ginting dalam keterangannya, Kamis.

Menurut dia, pada kelas Gelar Tunggal, mahasiswa dapat mengikuti program pertukaran pelajar selama 1–2 bulan, sedangkan pada kelas Gelar Ganda, mahasiswa memperoleh satuan kredit semester (SKS) hingga mendapat gelar dari universitas mitra.

Terkait dengan persyaratan SIMAK UI, Mikael menjelaskan pendaftar program S1 Reguler wajib memiliki nomor UTBK tahun 2022. Persyaratan khusus dari masing-masing program studi dapat dilihat pada website penerimaan.ui.ac.id pada bagian Jalur Penerimaan.

Baca juga: UI terima 4.229 mahasiswa baru melalui SIMAK

Baca juga: Terkendala teknis, SIMAK UI Pascasarjana dan Ujian Khusus FH ditunda


Ia menjelaskan pendaftar juga harus memperhatikan syarat kesehatan dan batasan tahun lulus yang ditetapkan masing-masing prodi.

Pendaftar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) berkesempatan untuk mengikuti ujian dan pendaftaraan SIMAK UI secara gratis. Caranya, sebelum melakukan pendaftaran, peserta harus mengisikan KIP kuliah terlebih dahulu.

Mengenai biaya biaya pendaftaran SIMAK UI pada rumpun sains dan sosial sebesar Rp500.000,00 dengan 2 pilihan program studi, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) sebesar Rp600.000,00. Untuk penambahan pilihan prodi, peserta dikenai Rp100.000,00 per prodi.

Pada program D3, D4, S1 Reguler, dan S1 Paralel, pendaftar dapat memilih maksimal 6 prodi. Bagi pemegang KIP, peserta tidak dikenai biaya namun hanya dibatasi 2 pilihan prodi pada program S1 Reguler sehingga wajib memiliki nomor UTBK.

Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) membuka penerimaan mahasiswa melalui beberapa jalur, antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Masuk (SIMAK) UI, Talent Scouting, Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), dan Jalur Prestasi.

Beberapa seleksi telah dilakukan dan UI telah menerima mahasiswa baru yang akan aktif pada tahun akademik 2022/2023. Adapun untuk jalur SBMPTN, pengumuman hasil seleksi dijadwalkan pada 23 Juni, sedangkan jalur Prestasi diumumkan pada 24 Juni 2022.*

Baca juga: UI sediakan 8.628 Kursi untuk mahasiswa jenjang D3, D4, dan S1

Baca juga: Seleksi masuk UI melalui SNMPTN dibuka hingga 24 Februari 2021

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022