Laporan dari China

Xi Jinping pimpin KTT BRICS secara daring

Xi Jinping pimpin KTT BRICS secara daring

Arsip - Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa berfoto bersama saat mereka tiba untuk KTT BRICS di Brasilia, Brazil, Kamis (14/11/2019). REUTERS/Adriano Machado/aww/cfo (REUTERS/ADRIANO MACHADO)

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping memimpin Konferensi Tingkat Tinggi ke-14 Asosiasi Lima Negara Berkembang Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS) melalui video streaming dari Beijing, Kamis malam.

"KTT ini diselenggarakan di tengah masa depan umat manusia sedang kritis," ujar pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Oleh sebab itu, Jinping mengajak negara-negara BRICS sebagai pasar utama negara berkembang bekerja dengan penuh tanggung jawab membangun kekuatan dunia yang positif, stabil, dan konstruktif.

"Berbicara tentang kesetaraan dan keadilan, kita perlu mendorong masyarakat internasional mempraktikkan multilateralisme sejati dan menjunjung tinggi sistem internasional dengan menempatkan PBB sebagai bagian utama," ucapnya.

Xi juga mengajak komunitas internasional menolak mentalitas Perang Dingin dan menentang sanksi sepihak terhadap salah satu negara.

"Kita perlu menghimpun kekuatan untuk memulihkan perekonomian, meningkatkan koordinasi kebijakan ekonomi makro, menjaga keamanan rantai pasokan tetap stabil, dan membangun sistem perekonomian dunia lebih terbuka," katanya.

Ia menekankan perlunya mendorong pembangunan berkelanjutan dengan lebih banyak melakukan investasi di bidang pengentasan kemiskinan, pangan, pendidikan, dan kesehatan.

Presiden Xi berharap adanya dialog yang lebih mendalam yang bisa menjadi bahan kebijakan dan gagasan dalam meningkatkan kualitas kerja sama BRICS. 

Baca juga: Presiden China pimpin KTT Brics di Xiamen
Baca juga: BRICS batal luncurkan bank pembangunan
Baca juga: China catat pertumbuhan perdagangan kuat dengan negara-negara BRICS

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar