Jakarta (ANTARA) - Trofi Piala FIBA Asia 2022 bakal berkeliling Jakarta dan diarak dalam sebuah parade dalam rangkaian tur pada 5-10 Juli mendatang, sebelum kejuaraan bola basket bergengsi se-Asia itu dilangsungkan pada 12-24 Juli.

Ketua Pelaksana Piala FIBA Asia 2022 Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa tur trofi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menyosialisasikan ajang tersebut kepada masyarakat luas.

"Trofi akan tiba di Jakarta pada 5 Juli dan akan dibawa mengelilingi Jakarta pada 5-9 Juli. Nanti rangkaian parade itu akan jatuh pada tanggal 10 Juli di acara car free day," kata Junas dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Junas menuturkan trofi nantinya akan singgah di beberapa tempat wisata Jakarta, dimulai dari Jalan M.H. Thamrin, Gedung Sapta Pesona, dan berakhir di Monumen Nasional (Monas).

Baca juga: Penonton Piala FIBA Asia dibatasi 75 persen kapasitas Istora

Tur trofi Piala FIBA Asia dimulai dari kota tuan rumah sebelumnya, yakni Beirut di Lebanon ke ibu kota negara negara peserta hingga terakhir sampai di Jakarta selaku tuan rumah edisi tahun ini. Adapun trofi saat ini masih dipamerkan di Manila, Filipina.

Trofi tersebut akan diperebutkan 16 tim peserta, yaitu juara bertahan Australia, Bahrain, China, Taiwan, India, Iran, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Lebanon, Selandia Baru, Filipina, Arab Saudi, Suriah, dan tuan rumah Indonesia.

Sebelum menggelar Piala FIBA Asia, Indonesia akan terlebih dahulu menggelar Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023.

Timnas bola basket putra Indonesia akan menjamu Arab Saudi pada 1 Juli di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sebelum berjumpa Yordania tiga hari berselang di arena yang sama.

Baca juga: Menpora wajibkan Indonesia lolos Piala Dunia FIBA 2023
Baca juga: Baim Wong tak sabar tonton langsung Piala FIBA Asia 2022


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022