Lebak (ANTARA) -
Pemuda Ansor Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menggelar doa bersama untuk keselamatan jamaah calon haji yang saat ini tengah melaksanakan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi.

"Semoga jamaah haji Lebak dalam kondisi sehat dan menjadi haji mabrur juga kembali ke Tanah Air dengan selamat," kata Ketua Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lebak K.H. Deden Alfarhan di Lebak, Kamis (23/6).

Selama ini, pelayanan haji yang dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Lebak tahun 2022 berjalan baik.
 
Kementerian Agama Kabupaten Lebak berupaya secara optimal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, antara lain berupa sosialisasi haji, pembiayaan, pengetahuan ilmu melalui pelatihan bimbingan manasik haji, pemenuhan persyaratan administrasi, dan pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Oleh karena itu, Pemuda Ansor bersama Banser di daerah itu merasa terpanggil untuk mendoakan tamu-tamu Allah SWT tersebut, agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar.
 
Selain itu, mereka diberikan kesehatan, sebab pelaksanaan rukun Islam kelima menguras tenaga banyak.

Baca juga: Gubernur ingatkan JCH Sulteng jaga silaturahim di Tanah Suci

Ia mengharapkan melalui dukungan doa dan mujahadah itu, mereka diberikan kekuatan, terutama kesehatan fisik dan keselamatan.

"Kami berharap jamaah haji asal Lebak sehat dan lancar melaksanakan rangkaian rukun haji, " kata Deden.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Badru Salam menyatakan pihaknya menerima laporan bahwa seorang calon haji asal daerah itu, atas nama Sopyan, saat ini dirawat di rumah sakit di Arab Saudi, karena harus menjalani cuci darah.

"Kami berdoa semoga Pak Sopyan lekas sembuh dan semua jamaah haji bisa kembali ke Tanah Suci dengan selamat, " katanya.

Ia mengapresiasi Gerakan Pemuda Ansor yang menggagas doa bersama dan mujahadah untuk keselamatan dan kelancaran warga setempat yang sedang menjalani ibadah haji.
 
Saat ini, kata dia, jamaah calon haji asal Kabupaten Lebak yang sudah berada di Mekkah sebanyak 290 orang dengan pemberangkatan melalui Kloter 24.

"Kami merasa lega tahun ini bisa kembali melaksanakan ibadah haji setelah dua tahun ditutup oleh pemerintah Arab akibat pandemi COVID-19, " katanya.

Baca juga: Wabup Siak lepas 107 calon haji
Baca juga: Jamaah haji Aceh mulai bergerak dari Madinah ke Mekkah
Baca juga: Kemenag: 2023 embarkasi disiapkan dari Maluku langsung ke Arab Saudi

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022