Densitas mikroplastik di perairan dekat pantai di China tercatat sekitar 0,44 unit per meter kubik
Beijing (ANTARA) - China mencapai kemajuan substansial dalam konservasi ekosistem dan lingkungan laut dalam beberapa tahun terakhir, tunjuk data dari Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China pada Kamis (23/6).

Sekitar 30 persen perairan dekat pantai dan 37 persen garis pantai kontinental di negara itu telah dimasukkan ke dalam garis merah ekologisnya, dengan beberapa ekosistem laut berada di bawah perlindungan efektif, kata Zhang Zhifeng, seorang pejabat di kementerian tersebut, dalam sebuah konferensi pers

Densitas mikroplastik di perairan dekat pantai di China tercatat sekitar 0,44 unit per meter kubik dan tetap berada di tingkat rendah hingga sedang jika dibandingkan secara global, lanjut Zhang.

Pejabat itu menambahkan bahwa kualitas air di 32 resor laut utama di China secara umum tetap bagus dalam beberapa tahun terakhir.

Di tengah upaya pengendalian pencemaran laut, pihak kementerian telah melaksanakan kampanye sejak 2019 untuk melacak dan membersihkan semua muara di sepanjang garis pantai Laut Bohai.

Proyek-proyek serupa kini sedang dilaksanakan di provinsi-provinsi pesisir lainnya, seperti Jiangsu, Zhejiang dan Guangdong.

China juga menunjuk tiga area kunci sebagai percontohan upaya maksimal melawan polusi laut, yakni Laut Bohai, muara Sungai Yangtze dan Teluk Hangzhou, serta muara Sungai Mutiara. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022