Program mahasiswa MKBM ini merupakan yang pertama, dan 'pilot project'-nya kami lakukan di LKBN ANTARA Biro Jambi. Dan Alhamdulillah berjalan lancar, dan kami akan evaluasi serta terus dibenahi untuk gelombang berikutnya
Jambi (ANTARA) - Sebanyak 10 mahasiswa Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha (UIN Sutha) Jambi mengakhiri masa perkuliahan "Merdeka Belajar Kampus Merdeka" (MBKM) di Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Jambi.

"Lebih dari tiga bulan mahasiswa jurusan jurnalistik UIN Jambi melakukan program perkuliahan MBKM di ANTARA Biro Jambi, dan kami jemput untuk kembali ke kampus," kata Ketua Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah UIN Jambi Sururuddin di Jambi, Jumat.

Pihaknya melakukan penjemputan mahasiswa MBKM di Perum LKBN ANTARA Biro Jambi, pada Kamis (23/6).

Pelaksanaan perkuliahan mahasiswa MBKM tersebut dilakukan dalam dua kelompok selama tiga bulan mulai 7 Maret hingga 20 Juni 2022 di LKBN ANTARA Biro Jambi dan di stasiun TV di Jambi.

Masing-masing kelompok terdiri atasi lima orang dengan durasi praktik dan kuliah MBKM selama 45 hari kerja.

"Program mahasiswa MKBM ini merupakan yang pertama, dan 'pilot project'-nya kami lakukan di LKBN ANTARA Biro Jambi. Dan Alhamdulillah berjalan lancar, dan kami akan evaluasi serta terus dibenahi untuk gelombang berikutnya," katanya.

Menurut dia, berbeda dengan program Program Praktik Lapangan (PPL_ yang biasanya dilakukan mahasiswa semester 7, maka mahasiswa MBKM adalah mereka yang baru semester 6.

Adapun materi yang didalami selama bergabung sebagai awak ANTARA Biro Jambi yakni teknik membaca berita radio dan TV, penulisan advertorial, penulisan feature, komunikasi grafis dan visual, jurnalisme foto, media siber dan jurnalisme daring, statistik sosial dan "public speaking".

Pelaksanaan kegiatan itu diawali dengan penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Agreement/MoA) antara Fakultas Dakwah UIN Jambi dengan Perum LKBN ANTARA Biro Jambi.

"Rencananya setelah kegiatan ini, mahasiswa akan melakukan program praktik lapangan di tengah-tengah masyarakat," kata Sururuddin.

Sementara itu Kepala LKBN ANTARA Jambi menyatakan program mahasiswa MBKM UIN Jambi merupakan program pertama di Biro Jambi. Selama ini merupakan program magang atau PPL bagi mahasiswa semester 7.

"Terima kasih atas kepercayaan UIN Jambi kepada LKBN ANTARA, sehingga menjadi 'pilot project' pelaksanaan mahasiswa MBKM tahun 2022 ini," kata Kepala Biro ANTARA Jambi Syarif Abdullah

Ia menjelaskan secara umum mereka bisa mengikuti kegiatan dan program sesuai materi, dan ini pengalaman pertama para mahasiswa terjun langsung dan praktik di media di mana adaptasi mahasiswa cukup bagus.

Lamanya mereka melakukan perkuliahan daring masa pandemi COVID-19 tidak menjadi kendala bagi mereka untuk melakukan kolaborasi dan berbaur dalam penugasan, termasuk juga dalam penerapan cara kerja WFO (bekerja di kantor) dan WFH (bekerja dari rumah) di masa pandemi di mana pengaturan kehadiran di kantor dibatasi hingga 50 persen, demikian Syarif Abdullah.

Baca juga: Gebyar Dakwah bentuk mahasiswa UIN Jambi jadi lokomotif perubahan

Baca juga: LKBN ANTARA buka pelatihan magang jurnalistik mahasiswa UIN Mataram

Baca juga: Pertama kali, UIN-STS Jambi seleksi mahasiswa baru ke Afrika

Baca juga: LKBN ANTARA-FISIPOL UMPR latih jurnalistik mahasiswa di Palangka Raya



 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022