mengedepankan pengambilan keputusan yang berperspektif gender dan ramah anak adalah keharusan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengajak para awardee program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dapat membawa manfaat sebaik-baiknya bagi pembangunan bangsa dan negara, terutama bagi perempuan dan anak.

"Untuk itu, besar harapan saat periode pendidikan telah selesai dan tiba waktunya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, kalian dapat membawa perspektif perempuan dan anak dalam setiap dasar pemikiran, pemahaman dan segala pelajaran yang diambil serta ciptakan-lah pula kesadaran pada diri kita masing-masing untuk berkontribusi dalam pembangunan yang responsif gender dan ramah anak," kata Menteri PPPA melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Bintang mengatakan peningkatan kualitas pendidikan melalui program LPDP akan mencetak SDM-SDM Indonesia yang berintegritas.

"Integritas di sini bukan hanya soal konsep nilainya, namun yang paling penting adalah implementasi melalui berbagai aksi nyata agar nantinya jika para awardee menempati posisi-posisi strategis dimanapun berada, dapat melahirkan tindakan maupun keputusan yang memberikan dampak perubahan yang baik bagi sekitarnya," kata Menteri PPPA.

Menurut Bintang, dampak tersebut juga dapat dirasakan dalam penyelesaian isu-isu perempuan dan anak demi menciptakan suatu lingkungan yang kondusif, setara, adil dan sejahtera bagi perempuan dan anak-anak Indonesia untuk benar-benar memaksimalkan potensinya di kehidupan bernegara dan bermasyarakat
Baca juga: Menteri PPPA ajak perempuan Babel berkontribusi dalam pembangunan

Pihaknya mengatakan untuk dapat menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri.

Masalah perempuan dan anak di Indonesia sangat kompleks dan memerlukan pemikir-pemikir dan pemimpin muda yang inovatif. Dengan begitu, Indonesia sangat membutuhkan peran serta dari semua pihak dengan berbagai latar belakang keilmuan dan profesi untuk bersama-sama bergerak demi perempuan dan anak Indonesia.

"Saya percaya para awardee yang hadir pada hari ini adalah kekuatan yang luar biasa. Kalian adalah bagian dari kaum intelektual bangsa yang dapat memberikan dukungan untuk pencapaian kesetaraan gender, perlindungan dan pemenuhan hak anak, katanya 

Bintang mengatakan, dengan menghargai perempuan, memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak sama artinya dengan berinvestasi untuk masa depan bangsa.

"Prinsipnya mengedepankan pengambilan keputusan yang berperspektif gender dan ramah anak adalah keharusan, bukan pilihan," ujarnya.

Baca juga: Kemen PPPA: Keberhasilan RAN P3AKS perlu sinergi semua pihak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022