Sebanyak 392 JCH kloter 4  dan empat orang pendamping telah diberangkatkan hari ini menuju Mekkah, pukul 11.06 WITA
Praya, NTB (ANTARA) - Ratusan jamaah calon haji (JCH) yang masuk kelompok terbang (kloter) 4 asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai diberangkatkan Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi melaluinya Embarkasi Haji Bandara Internasional Lombok.

"Sebanyak 392 JCH kloter 4  dan empat orang pendamping telah diberangkatkan hari ini menuju Mekkah, pukul 11.06 WITA," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Arif Haryanto di Praya, Lombok Tengah, Jumat (24/6) 2022.

Ia menjelaskan ratusan JCH yang merupakan kloter 4 dari Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Bima dan Kota Bima diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia flight No 5104, type Aircraft B777-300ER dari rute Bandara Lombok-Jeddah, Arab Saudi.

"Mereka akan tiba hari ini pukul 17.00 waktu Arab Saudi," katanya.

Dengan diberangkatkannya JCH tersebut, sebanyak empat kelompok terbang JCH pemberangkatan dari Embarkasi Lombok telah tiba di Tanah Suci.

"Dari total 2074 JCH asal NTB yang melaksanakan Ibadah tahun ini, sebanyak 1565 calon haji telah tiba di Mekkah," katanya.

Sebelumnya, keberangkatan JCH asal NTB dibagi menjadi enam kloter dan jadwal keberangkatan dimulai tanggal 20-27 Juni 2022. Untuk kloter 1 sebanyak 389 JCH asal Kota Mataram telah terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300ER nomor penerbangan GA5101 langsung menuju Jeddah.

Sedangkan untuk kloter 2 tanggal 21 Juni sebanyak 394 JCH asal Kabupaten Lombok Barat, NTB telah diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia GA 5102 Type Aircraft B777-300ER.

"Untuk penerbangan kloter 3 sebanyak 391 calon haji telah diterbangkan tadi pagi pukul 02.30 WITA," katanya.

Kloter 4 tanggal 24 Juni pukul 11.05 WITA. Kloter 5 tanggal 25 Juni diberangkatkan pukul 21.30 WITA dan kloter 6 pada tanggal 27 Juni pukul 03.50 WITA.

"Untuk kepulangan jamaah haji dijadwalkan pada 1 hingga 8 Agustus 2022 mendatang. Seluruh penerbangan haji Embarkasi Lombok dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia," katanya.

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Lombok telah Bandara Lombok telah mempersiapkan SDM maupun fasilitas bandara untuk mendukung kelancaran penerbangan haji 1443 H/2022. Diantaranya dengan menempatkan personel airport security beserta peralatan pendukungnya untuk memeriksa keamanan penumpang beserta barang bawaannya di Asrama Haji Lombok, Mataram.

"Sedangkan dari sisi infrastruktur, Bandara Lombok siap untuk melayani pesawat angkutan haji berjenis Boeing 777-300ER, yang merupakan pesawat penumpang terbesar yang pertama kalinya akan mendarat dan terbang dari Bandara Lombok,” katanya.

Bandara Lombok juga telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Otoritas Bandara Wilayah IV, Kementerian Agama, TNI AU, Perum LPPNPI, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, dan pihak lainnya untuk memastikan operasional haji kali ini.

"Kami juga telah menyiapkan skenario antisipasi apabila terjadi "force majeure", penundaan penerbangan, atau jika terdapat jamaah haji yang mengalami masalah sehingga tidak dapat diberangkatkan. Kami berharap semoga operasional penerbangan haji tahun ini berjalan dengan baik dan lancar,” demikian Arif Haryanto.

Baca juga: 782 calon haji asal NTB telah berada di Mekkah

Baca juga: Hasil tes PCR, jamaah calon haji Lombok Tengah bebas dari COVID-19

Baca juga: Jamaah NTB dibekali masker dan pembersih tangan

Baca juga: RSUD Mataram jamin tidak ada manipulasi data hasil PCR calon haji

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022