Kunming (ANTARA) - Kepolisian China dan Laos berhasil menindak kasus perdagangan narkoba lintas perbatasan dengan menangkap dua tersangka dan menyita tablet metamfetamina atau sabu-sabu dengan berat total 1,44 ton dalam operasi gabungan.

Departemen Keamanan Publik Provinsi Yunnan mengumumkan pada Kamis (23/6) bahwa polisi di daerah itu telah mengetahui sejumlah pihak yang bermaksud menyelundupkan narkoba dalam jumlah besar melalui cekungan Sungai Mekong.

Kepolisian Yunnan pun segera berkoordinasi dengan otoritas penegak hukum Laos, Myanmar, dan Thailand.

Sebelumnya otoritas China dan Laos pada Juni juga menangkap dua warga negara Laos dan menyita narkoba dari mereka dalam sebuah operasi gabungan.

Menurut kepolisian Yunnan, patroli gabungan oleh empat negara tersebut di Sungai Mekong dalam satu dekade terakhir telah memastikan peningkatan keamanan publik dan penindakan keras terhadap para pedagang narkoba di cekungan Sungai Lancang-Mekong.

Sungai Mekong, di China disebut Sungai Lancang, merupakan jalur transportasi air yang vital bagi pengiriman lintas perbatasan.

Selama tiga tahun terakhir, lebih dari 8.300 kasus kriminal lintas perbatasan telah ditindak, dengan 8.204 tersangka ditahan, dan 47,12 ton narkoba disita.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022