Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 449 calon haji Kloter 9 BTH/Kloter 6 EHA Riau telah berangkat ke Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5065 pukul 12.45 WIB, Jumat.

Sebanyak 449 calon haji Riau itu awalnya berjumlah 450 orang dengan rincian dari Kabupaten Rokan Hulu berjumlah 240 orang, Kabuoaten Siak berjumlah 107 orang, Kota Dumai berjumlah 87 orang, Pekanbaru berjumlah 8, Kabupaten Indragiri Hilir berjumlah 2 orang yang berasal dari cadangan.

"Petugas kloter sebanyak 4 orang dan Petugas Haji Daerah berjumlah 2 orang," kata Wakil Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) embarkasi haji antara (EHA) Riau Dr. H. Mahyudin, MA di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Mahyudin yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau itu, satu orang gagal berangkat sebelum ke embarkasi haji antara dari kota Dumai atas nama Fatimah Abdul Hamid karena meninggal di daerah, sehingga jumlah jamaah haji dan petugas haji yang berangkat menjadi 449 orang.

Baca juga: Gubernur Riau lepas jamaah haji Riau

Baca juga: Jamaah calon haji Riau diingatkan kenakan kain ihram di embarkasi


Sedangkan penempatan Kloter 9 BTH di Kota Mekkah pada sektor 2 Wilayah Syisyah dengan nomor Maktab 10 Hotel Ya’qub Bek Al Quqandi dan Hotel Surro Man Ro’a.

"Kondisi suhu untuk Kota Jeddah tercatat 34 derajat celsius, Kota Makkah 38 derajat celsius dan Kota Madinah 38 derajat celsius, cukup panas sehingga JCH Riau agar menjaga kesehatan dan banyak minum air," katanya.

Sementara itu yang menjadi petugas pada Kloter 9 ini adalah Surya Hudaya Muhammad Yatim (TPHI), Tarmizi Anasrudin Kasah (Tim Pembimbing Ibadah Haji), Heru Murtono Bin Karyono (Dokter Kloter), dan Welmi Yulius Taya (Paramedis), sedangkan Erisman Yahya dan Syaifuddin Zuhri Zainal Arifin merupakan Petugas Haji Daerah yang di biayai oleh Pemerintah Riau dan pemerintah daerah.

Calon haji termuda pada kloter itu atas nama Nurul Hidayah Oyong Efendi (22 Th) asal Kota Dumai dan tertua Suparni Dul Bejo (64 Th) asal Kabuoaten Rokan Hulu. Kloter 9 BTH akan kembali ke tanah air pada 5 Agustus 2022 pukul 20.35 WIB dan akan diterbangkan ke Pekanbaru dengan 3 kali penerbangan.*

Baca juga: Pemprov Riau alokasikan dana Rp300 juta untuk konsumsi panitia haji

Baca juga: Pemprov Riau siapkan Rp11 M sewa pesawat untuk jamaah haji

Pewarta: Frislidia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022