Jakarta (ANTARA) - Raksasa telekomunikasi China Huawei telah membuka pusat pengalaman teknologi terbesarnya di luar China yang berlokasi di Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Bekerja sama dengan Komisi Antariksa Saudi (Saudi Space Commission), Huawei meluncurkan Future Space di Arab Saudi pada Rabu (22/6), sebut Huawei Arab Saudi, cabang perusahaan itu di negara tersebut, dalam pernyataan persnya.

Pusat pengalaman seluas 1.500 meter persegi itu memamerkan berbagai teknologi canggih termasuk pengemudian otonomos, pencetakan 3D, pengendalian robot menggunakan gelombang otak, dan sejumlah inovasi lainnya.

Tempat itu akan dibuka untuk umum dan diperkirakan akan menyambut 200.000 pengunjung selama lima tahun ke depan, menurut pernyataan pers itu.
 
   Saat berbicara dalam upacara peluncuran itu, Eric Yang, CEO Huawei Arab Saudi, mengatakan peluncuran pusat pengalaman itu akan mendukung negara kerajaan tersebut dalam mencapai ambisi digitalnya sebagai bagian dari Visi 2030 Arab Saudi.   Duta Besar China untuk Arab Saudi Chen Weiqing mengatakan dirinya yakin kemitraan antara perusahaan-perusahaan teknologi dari kedua negara akan menambah nilai baru bagi ekosistem teknologi lokal di saat Arab Saudi mengejar transformasi digital sebagai bagian dari target strategisnya.


Kemitraan antara Huawei dan Komisi Antariksa Saudi sejalan dengan komitmen perusahaan China itu terhadap tanggung jawab sosial perusahaannya (CSR), pengembangan talenta lokal, dan kontribusi aktif terhadap perjalanan transformasi digital negara kerajaan itu, tutur pihak Huawei Arab Saudi.

"Inisiatif seperti Future Space membantu memperkaya ekosistem digital kami dan menarik investasi dari perusahaan-perusahaan digital lainnya," sebut Wakil Menteri Investasi Arab Saudi Adnan Alsharqi.
 
   Duta Besar China untuk Arab Saudi Chen Weiqing mengatakan dirinya yakin kemitraan antara perusahaan-perusahaan teknologi dari kedua negara akan menambah nilai baru bagi ekosistem teknologi lokal di saat Arab Saudi mengejar transformasi digital sebagai bagian dari target strategisnya


CEO Komisi Antariksa Saudi Mohammed Altamimi mengatakan bahwa bermitra dengan pemimpin teknologi global seperti Huawei akan memungkinkan Arab Saudi untuk memberikan berbagai solusi teknologi yang dapat membawa pengaruh positif bagi masyarakat.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022