Jakarta (ANTARA/JACX) – Jelang perayaan Hari Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022, sejumlah kabar yang menampilkan proposal pengajuan kerja sama dukungan penyelenggaraan acara muncul di media sosial.

Proposal yang dikemas dalam bentuk flyer itu menampilkan info tentang syarat dan pembayaran paket-paket kerja sama sponsor.

Terdapat nama perusahaan yaitu PT PAGA NUSANTARA UTAMA sebagai badan yang disebut memberikan informasi pembayaran sponsor acara itu.

Dalam surat proposal sponsor bertanggal 1 Maret 2022 itu, terdapat penyebutan Polda Aceh lengkap dengan cap lembaga serta tanda tangan Direktur Binmas Polda Aceh Kombes Pol. Mohammad Muslim Siregar.

Namun, benarkah Polda Aceh merupakan pihak yang mengeluarkan surat dan proposal sponsor jelang HUT Bhayangkara ke-76?
 
Unggahan hoaks, bahkan penipuan, berupa pengajuan proposal kerja sama jelang HUT Bhayangkara Polri pada 1 Juli dan mengatasnamakan Polda Aceh. (WhatsApp)


Penjelasan:
Dilansir dari laman resmi Polda Aceh, pengajuan kerja sama sponsor guna memperingati HUT Bhayangkara ke-76 merupakan kabar bohong dan penipuan mengatasnamakan instansi kepolisian itu.

Polda Aceh, sebagaimana disebut dalam situs resmi mereka, tidak pernah mengajukan kerja sama sponsor kepada instansi tertentu untuk perayaan HUT Bhayangkara.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan upaya penipuan yang menyebut Polda Aceh dibuat sangat persis dengan format surat Polri, sehingga tampak terstruktur jika dibaca masyarakat.

"Kalau ada yang berdalih meminta sponsor Hari Bhayangkara, segera konfirmasi ke kami, bila perlu laporkan karena itu penipuan," kata Winardy.

Klaim: Polda Aceh meminta dukungan sponsor jelang HUT Bhayangkara ke-76
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Misinformasi! Polisi tilang pengendara motor yang bersandal jepit

Baca juga: Polri menjadikan "Setapak Perubahan Polri" sebagai refleksi institusi

Baca juga: Hadiri malam kreasi, Kapolri tegaskan Polri terbuka terima kritik

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022