Donna Harun gonta-ganti olahraga agar tak bosan

Donna Harun gonta-ganti olahraga agar tak bosan

Donna Harun di konferensi pers "Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia: Tetap Sehat, Aktif & Bahagia di Sepanjang Usia” dari Nestlé BOOST Optimum, Jakarta, Jumat (24/6/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)

Selagi ada kemauan, enggak ada kata terlambat
Jakarta (ANTARA) - Donna Harun, yang tetap terlihat awet muda meski sudah menginjak kepala lima, suka gonta-ganti jenis olahraga agar bisa tetap menjalankan gaya hidup sehat tanpa rasa bosan.

"Banyak olah tubuh yang kulakukan, berganti tiap beberapa bulan sekali," kata Donna di konferensi pers “Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia: Tetap Sehat, Aktif & Bahagia di Sepanjang Usia”, Jakarta, Jumat.

Donna, yang sudah memiliki empat cucu dari putranya Ricky Harun, hanya rutin bermain golf dan berjalan kaki. Untuk urusan olahraga lain yang lebih menguras tenaga dan keringat, ia memilih olahraga yang berbeda-beda.

Kadang dia melakukan yoga selama beberapa bulan, kemudian diganti dengan aerobik, lalu beberapa bulan berikutnya ia memilih untuk membakar kalori di gym.

Baca juga: Penyebab berat badan naik cepat usai Lebaran bukan hanya makanan

"Kalau sudah tua, satu olahraga saja itu bosan," seloroh model 54 tahun itu.

Donna mengaku bingung bila ditanya resep awet muda oleh orang-orang, sebab yang dilakukan hanyalah menerapkan gaya hidup sehat. Bedanya, Donna sudah menentukannya sejak muda dan konsisten menjalaninya hingga sekarang.

"Aku dari umur 24 tahun sudah menentukan dalam hidupku pola makan yang benar," kata Donna yang jarang menyantap daging.

Penyuka buah dan sayur ini juga menyadari batasan makanan yang baik untuk tubuhnya. Setiap melewati fase usia tertentu, ia dengan sadar mengurangi makanan-makanan yang tak bermanfaat bila dikonsumsi berlebihan.

Donna yang minum teh herbal selama dua dekade belakangan juga rajin memeriksa kesehatan lewat medical check up untuk mengetahui kondisi tubuh juga risiko penyakit sehingga ia bisa lebih sadar menjaga pola makan yang sehat. Salah satu contohnya adalah menghitung camilan agar sesuai batas aman.

"Ngemil kuhitung, misalnya makan keripik lima, makan permen dua, karena tadi pagi sudah makan satu, sore ini cuma boleh satu. Memang cukup repot tapi repot yang membahagiakan," seloroh Donna.

Baca juga: Tiga tips memilih kerudung untuk olahraga

Kehadiran keluarga, anak dan cucu, juga punya pengaruh penting dalam menciptakan kebahagiaan yang membuatnya terlihat awet muda.

"Bagi saya punya anak adalah kebahagiaan, ditambah punya cucu kebahagiaan luar biasa," katanya.

Dia punya jadwal rutin untuk berinteraksi bersama para cucu, entah itu menginap di rumahnya atau jadwal untuk bermain bersama. Donna juga sering menghabiskan waktu dengan para cucu untuk berlibur bersama melepas penat. Merasa dibutuhkan oleh keluarga membuatnya merasa selalu bahagia.

"Masa tua saya hanya menikmati cucu dan anak-anak. Membuat saya enggak merasa seperti ditinggalkan, tidak kesepian, hidup jadi berwarna," katanya.

Donna berpesan bahwa umur hanyalah angka, bukan patokan kaku dalam mendefinisikan seseorang. Definisi usia seseorang tergantung pada aktivitas yang dilakukan, juga kontribusi untuk lingkungan sekitar.

Menurut Donna, menjaga kesehatan sangat penting agar bisa menikmati semua keindahan dalam hidup. Usia lanjut bukanlah alasan untuk enggan meraih mimpi.

"Selagi ada kemauan, enggak ada kata terlambat," ia menegaskan.

Baca juga: Dul Jaelani sebut El Rumi gemari olahraga tinju sejak kecil

Baca juga: Olahraga bisa dilakukan sambil menonton serial atau film, ini caranya

Baca juga: Cegah risiko penyakit jantung di masa senja dengan gaya hidup sehat

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar