Sumbawa, NTB (ANTARA) -
Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Herman Mahaputra, mengatakan 80 persen dari 120 marshal yang bertugas pada gelaran seri MXGP Indonesia merupakan putra daerah Sumbawa.
 
Lalu Herman memastikan semua marshal sudah diberikan pelatih dan pembekalan sehingga siap bertugas dalam perlombaan yang berlangsung di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), 25-26 Juni.
 
"Jadi kami melatih warga lokal jadi marshal supaya merasa ikut memiliki event ini. Kami lebih banyak mengambil marshal dari Sumbawa," kata Lalu Herman Mahaputra saat screening dan briefing terakhir di area Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Jumat.

Perekrutan banyak warga lokal sebagai marshal demi menumbuhkan rasa memiliki terhadap MXGP Samota-Sumbawa tersebut dianggap penting mengingat penyelenggaraan ajang itu dijadwalkan berlangsung tiap tahunnya selama lima tahun ke depan.

Baca juga: Menpora secara resmi buka MXGP Indonesia di Samota-Sumbawa

Mereka akan berperan memastikan balapan berlangsung aman. Berdasarkan entry list dari Infront Moto Racing, MXGP Indonesia akan diikuti 38 pebalap dengan rincian 21 berlomba di kelas utama MXGP dan 17 bersaing di kelas MX2.
 
Dari jumlah tersebut, Indonesia memiliki empat wakil dalam seri Kejuaraan Dunia Motorcross 2022 tersebut. Farhan Hendra Fahrodjie akan bersaing di kelas utama, sedangkan Ananda Rigi Aditya, Muhammad Delvintor Alfarizi, dan Diva Ismayana berlaga di MX2.
 
Mereka bakal menjajal sirkuit baru MXGP Indonesia saat menjalani sesi latihan bebas yang pada Sabtu (25/6) pukul 10:40 WITA untuk kelas MX2 dan dilanjutkan dengan peserta kelas MXGP pada pukul 11:15 WITA.
 
Setelah itu, pebalap bakal melakukan sesi kualifikasi untuk menentukan posisi saat balapan.
 
Kemudian puncak acara dalam seri ke-12 Kejuaraan Dunia Motocross akan berlangsung pada Minggu (26/6). Pada pukul 10:25 WITA, pebalap MX2 akan lebih dulu menjalani sesi pemanasan. Sementara untuk kelas MXGP dijadwalkan pukul 10:45 WITA.
 
Setelah itu, pebalap dari MX2 akan memulai persaingan pada race 1 pukul 12:05 WITA dan dilanjutkan dengan kelas MXGP pukul 13:05 WITA.
 
Kemudian race 2 kelas MX2 akan dimulai pukul 15:00 WITA dan dilanjutkan dengan MXGP pukul 16:00 WITA.

Baca juga: Lebih dalam mengenal karakteristik sirkuit seri MXGP Samota-Sumbawa

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022